JAKARTA, KOMPAS — Meskipun bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional, penyelenggara The Branded Sale Exhibition optimistis tetap mampu menjaring pembeli. Program kerja sama antara Bank Rakyat Indonesia dan PT Gilang Agung Persada ini ditargetkan bisa mengumpulkan transaksi Rp 6,5 miliar dari 12 Desember 2018 hingga 15 Desember 2018.
Executive Vice President Kartu Kredit Bank Rakyat Indonesia (BRI) Wibawa Prasetyawan mengatakan, target transaksi itu cukup realistis. Sejumlah merek ternama yang disediakan PT Gilang Agung Persada, seperti Guess GC, Superdry, dan Babyzen, diberi diskon hingga 80 persen. Diskon diberikan kepada pengguna kartu BRI dan My QR.
”Kami percaya, walaupun waktunya berpapasan dengan Hari Belanja Online Nasional, kegiatan ini akan punya konsumen tersendiri,” kata Wibawa, Rabu (12/12/2018), saat temu media di Senayan City, Jakarta Pusat.
Dia merinci, potensi konsumen berasal dari perempuan. Segmen ini, kata Wawan, akan mau datang langsung untuk membeli merek ternama yang sedang diskon. ”Biasanya mereka tipikal orang yang mau meluangkan waktu untuk itu,” kata Wawan.
Tempat yang berada di mal juga menjadi nilai tambah. Wawan mengatakan, pameran ini akan menggaet para pekerja yang tengah beristirahat di siang hari. ”Selain itu, ini momen Natal dan Tahun Baru. Mereka pasti butuh dress up,” kata Wawan.
Sebelumnya, BRI pernah membuat acara serupa dengan menggandeng perusahaan sepatu ternama pada Juni. Hasilnya, mereka bisa membukukan transaksi Rp 8 miliar. ”Waktu itu barangnya cuma satu jenis, kan. Sekarang, pilihannya lebih beragam,” katanya.
Di hall lantai 8 Senayan City, tas, jam tangan, dan baju merek ternama dijual dengan harga miring. Untuk jam tangan yang tadinya dibanderol Rp 1.200.000, misalnya, sekarang berharga sekitar Rp 400.000.
Dinalia Djamalus, General Manager PT Gilang Agung Persada, mengatakan, segmentasi produk mereka adalah kelas menengah ke atas. Namun, berkat adanya program diskon, dia meyakini kelas menengah ke bawah akan tertarik. ”Kamu cek aja, tas yang tadinya Rp 2.000.000 bisa didapat seharga Rp 400.000. Bahkan, ada barang yang dijual seharga Rp 100.000,” katanya.
Dina menuturkan, barang yang dijual di The Branded Sale adalah produk yang out of session atau masa trennya sudah lewat. ”Kalau untuk barang yang sedang tren, kami tidak berani diskon sebesar itu,” katanya.
Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas jatuh pada 12 Desember. Pada tahun 2018 ini, Harbolnas diikuti 300-an perusahaan ekosistem e-dagang. Panitia Harbolnas menargetkan transaksi hingga Rp 7 triliun (Kompas, 12/12/2018) (INSAN ALFAJRI)
Editor:
Bagikan
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
Tlp.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.