JAKARTA, KOMPAS – Untuk pertama kalinya, Maybank berhasil masuk ke jajaran top 500 brands dunia berdasarkan laporan survei tahunan dari Brand Finance. Keberhasilan ini didapat setelah nilai valuasi Maybank selama lima tahun berturut-turut melampaui empat miliar dollar AS.
“Pengakuan ini mencerminkan upaya berkelanjutan Maybank dalam membangun hubungan yang lebih dekat dengan para stakeholder dengan berfokus pada memberikan nilai yang konsisten melalui seluruh produk dan layanannya,” Group President dan CEO Maybank, Datuk Abdul Farid Alias, dalam keterangan pers yang diterima Kompas, Selasa (29/1/2019).
Tahun ini, Maybank meraih valuasi merek (brand) sebesar 4,2 miliar dollar AS, meningkat 32 persen dibanding valuasi tahun lalu, yaitu sebesar 3,16 miliar dollar AS. Maybank juga menjaga posisinya sebagai top bank brand di Malaysia selama lima tahun.
Sebelumnya, Maybank berada di peringkat AAA- kemudian menjadi AAA dan mencatat peningkatan pada Brand Strength Index (BSI) menjadi 86/100 pada tahun ini dari 82/100 sebelumnya. Datuk Farid menyampaikan, BSI menjadi faktor utama yang menyumbang valuasi merek dan menentukan kekuatan sebuah merek.
“Kinerja yang stabil juga berulang di tingkat regional karena hanya Maybank yang berada di antara delapan brands ASEAN yang masuk di peringkat global. Maybank menempati peringkat 494 di daftar top 500 most valuable brands dunia,” ujar Datuk Farid.
Lebih lanjut, Datuk Farid mengatakan, capaian ini merupakan kehormatan besar bagi Maybank, yaitu berada di antara top brands dunia saat ini. “Kami percaya ini juga menunjukkan cara merek lokal dari Malaysia menetapkan standar baru dan meningkatkan peringkat di panggung global dengan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan,” ujarnya.
Datuk Farid menambahkan, strategi Maybank dalam mengembangkan pengalaman merek yang berharga yang berpusat pada misi jasa finansial kemanusiaan, serta komitmen untuk senantiasa berada di tengah masyarakat di mana Maybank beroperasi.
“Selain akan terus memperkuat posisi merek kami di seluruh jaringan, kami juga fokus menyediakan pengalaman bagi pelanggan generasi mendatang teknologi yang dengan cepat mempengaruhi gaya hidup kami dan cara orang melakukan transaksi perbankan sekarang,” kata Datuk Farid.
Sementara itu, Managing Director Brand Finance Asia Pacific, Samir Dixit, juga turut mengomentari pencapaian signifikan Maybank. “Membanggakan melihat bank regional seperti Maybank telah mulai bersaing dengan beberapa pemain global yang sudah mapan dan sekarang berkompetisi dengan yang terbaik di dunia ketika masuk dalam kekuatan merek global dan pengakuan global,” ujarnya.
Dixit menambahkan, saat ini merek Maybank telah tumbuh semakin kuat selama bertahun-tahun dan pencapaian penting ini merupakan penghargaan yang besar bagi upaya pengelolaan merek yang terfokus selama ini. Di tengah dunia digital yang khaotis, aspek jasa finansial kemanusiaan dapat menjadi keunggulan kompetitif Maybank dalam jangka panjang.