Tren pembeli ritel yang mencari kemudahan menuntut peritel untuk meningkatkan layanan. Peritel Informa bekerja sama dengan Cashlez meluncurkan kasir bergerak (mobile cashier) untuk memberikan pengalaman baru kepada konsumen.
Oleh
Norbertus Arya Dwiangga Martiar
·2 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Tren pembeli ritel yang mencari kemudahan menuntut peritel untuk meningkatkan layanan. Peritel Informa bekerja sama dengan Cashlez meluncurkan kasir bergerak (mobile cashier) untuk memberikan pengalaman baru kepada konsumen.
”Bagaimana ritel sekarang ini dengan berkembangnya penjualan daring? Orang yang datang ke toko kami ternyata juga mereka yang biasa bertransaksi daring. Jadi, konsumennya beririsan. Dalam hal ini, tuntutan konsumen bukan hanya layanan, melainkan juga pengalaman,” kata Store Operation Director Informa Daniel Trisno pada peluncuran layanan ”kasir bergerak” di Informa, Selasa (23/7/2019), di Jakarta.
Menurut Daniel, cara orang bertransaksi berubah dari waktu ke waktu. Jika dulu konsumen harus memesan terlebih dahulu untuk memastikan barang ada, baru kemudian melakukan pembayaran di kasir, kini konsumen ingin lebih cepat. Dengan layanan kasir berjalan, konsumen akan lebih efisien dalam hal waktu serta mendapat pengalaman bertransaksi yang baru.
Marketing Director Kawan Lama Group Nana Puspa Dewi mengatakan, perubahan gaya hidup menuntut peritel untuk mengikuti kemauan konsumen. Jika dulu mereka hanya menjual furnitur, kini dibuat pula toko yang khusus melayani perkakas elektronik.
Demikian pula dengan teknologi. Jika sebelumnya informasi dapat diakses melalui situs internet, kini peritel juga mesti menyediakan informasi melalui aplikasi. Dengan dukungan teknologi, jenis barang yang tidak semua dapat dipajang di toko tetap dapat diakses konsumen.
”Buat kami, pengalaman pelanggan itu sangat penting, bagaimana mereka tetap nyaman dan setia. Untuk konsumen yang membayar tunai tetap disediakan kasir manual,” kata Nana.
CEO Cashlez Teddy Tee mengatakan, fokus mereka adalah sebagai penyelenggara layanan pembayaran dengan membuat platform yang dapat menggabungkan semua pembayaran nontunai. Hal itu akan memudahkan tidak hanya konsumen, tetapi juga pelaku usaha.