JAKARTA, KOMPAS -- Twitter mengumumkan 10 perusahaan yang intens berinteraksi dengan warganetnya sepanjang semester-I 2019 dengan judul "10 Top Brand di Indonesia". Intensitas interaksi perusahaan dinilai dari video unggahan, ajakan yang melibatkan partisipasi aktif warganet, percakapan Twitter, dan pendekatan dengan komunitas warganet.
Kesepuluh perusahaan itu adalah Tokopedia (@tokopedia), Grab Indonesia (@GrabID), Bank Mandiri (@bankmandiri), OPPO Indonesia (@OPPOIndonesia), Shopee Indonesia (@ShopeeID), Bukalapak (@bukalapak), Samsung Indonesia (@samsungID), Tiket.com (@tiket), Bank BCA (@BankBCA), dan Gojek Indonesia (@gojekindonesia).
"Dilihat dari daftar top brand di Twitter pada tengah tahun pertama 2019, banyak brand menggunakan Twitter secara konsisten sebagai platform untuk memperkuat kehadiran mereka di ranah digital, sekaligus menciptakan percakapan yang dapat membantu meningkatkan top of mind," tutur Country Industry Head, Indonesia & Malaysia, Twitter Dwi Adriansah melalui siaran pers yang diterima, Jumat (2/8/2019).
Berdasarkan analisis, kesepuluh perusahaan tersebut memanfaatkan empat metode untuk menjaga kedekatan digital dengan warganet Twitter. Metode-metode tersebut terdiri dari mengunggah video, membalas cuitan warganet, meminta partisipasi warganet, dan menyasar komunitas warganet secara spesifik.
Twitter menyebutkan, konsumsi video melalui Twitter di Indonesia pada semester-I 2019 naik 150 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Menurut penelitian, cuitan dengan video dapat meningkatkan interaksi dengan pengguna di Twitter 10 kali lebih banyak dibandingkan cuitan tanpa video.
Video menjadi salah satu media di Twitter untuk menjangkau warganet yang menjadi sasaran pasar perusahaan. Perusahaan juga menggunakan video untuk membagikan informasi dan edukasi.
Interaksi dengan warganet Twitter juga dinilai dari pemanfaatan tren yang sedang berlangsung di Indonesia oleh perusahaan-perusahaan. Tren ini diartikulasikan menjadi ajakan partisipasi aktif warganet.
Contohnya, Samsung Indonesia yang mengajak warganet membuat ulang (cover) klip video Blackpink yang berjudul Kill This Love dan mengunggahnya di Twitter dengan ponsel produknya. Ponsel Samsung seri Galaxy A terbaru edisi khusus Blackpink menjadi iming-iming hadiah.
Secara pendekatan melalui tulisan, perusahaan-perusahaan tersebut dinilai intensif membalas percakapan dengan warganet Twitter. Hal ini populer dengan istilah "utas". Interaksi tersebut dapat membangun kepercayaan antara warganet dengan perusahaan.
Dari sisi strategi dalam menyasar target pasar, Twitter menilai, perusahaan-perusahaan tersebut cenderung spesifik dalam mendekati komunitas yang ada. "Banyak brand menggunakan Twitter untuk terhubung dan berinteraksi dengan beragam komunitas yang ada di platform kami," kata Dwi.
Demografis warganet Twitter beragam dan dapat terdiri dari komunitas-komunitas yang berbasis minat. Oleh sebab itu, Twitter dapat menjadi salah satu sarana berkomunikasi antara perusahaan dengan komunitas sasaran terkait topik-topik terkini secara real time.
Sebagai salah satu perusahaan yang berada dalam daftar "10 Top Brand di Indonesia" versi Twitter, Sekretaris Perusahaan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Rohan Hafas berterima kasih atas apresiasi tersebut terutama karena penilaiannya berdasarkan interaksi dengan warganet. "Ini mencerminkan awareness dari publik terhadap brand Bank Mandiri," ujarnya.
Sementara itu, Associate Vice President Marketing Bukalapak Ari Wibowo mengatakan, pihaknya bersyukur dengan penghargaan dari Twitter tersebut. Penghargaan yang menandakan interaksi dengan warganet ini sejalan dengan nilai penting perusahaan yang berorientasi pada kepuasan pelanggan.