logo Kompas.id
EkonomiKebijakan Perdagangan...
Iklan

Kebijakan Perdagangan Strategis

Suatu negara dengan pertimbangan kepentingan nasional dapat melakukan intervensi pada kebijakan investasi dan perdagangan internasional untuk kepentingan nasional.

Oleh
Ari Kuncoro
· 5 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/PfLZwDD7kRiPJdpU1_ifZZXOT8E=/1024x1448/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F11%2FAri-Kuncoro_75152262_1572887656.jpg
KOMPAS/HERU SRI KUMORO

Ari Kuncoro Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Brander dan Spencer (1985) memperkenakan istilah strategic trade policy. Istilah ini kemudian digaungkan Paul Krugman (1986), dalam bukunya Strategic Trade Policy and the New International Economics. Inti dari gagasan ini, suatu negara dengan pertimbangan kepentingan nasional dapat melakukan intervensi pada kebijakan investasi dan perdagangan internasional untuk kepentingan nasional.

Berlainan dengan kebijakan perdagangan yang biasa, kebijakan perdagangan strategis sering disebut juga sebagai kebijakan industry (industrial policy) karena mencoba mengubah struktur industri/perekonomian.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000