logo Kompas.id
EkonomiRevolusi Konsumen
Iklan

Revolusi Konsumen

Keinginan konsumen berevolusi dengan cepat. Perubahan yang ingin tetap relevan dengan bisnis mesti meresponsnya dengan cepat. Menjadi relevan sama artinya dengan mendengarkan suara konsumen.

Oleh
Andreas Maryoto
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/3UZoGnwURGJ3mkcWeCaPTlFGrHc=/1024x1024/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F12%2F20190629H13_URBANx_OK_web_1561797095.jpg
ARSIP HAVANI IRENE

Havani Irene (30) asal Palopo, Sulawesi Selatan, mengenakan baju-baju yang dia sewa dari Style Theory.

Seorang eksekutif usaha rintisan terperangah ketika melihat data penjualan mobil tahun ini. Penjualan kendaraan berbagai merek turun sekitar 10 persen hingga November. Ia mengakui, kemungkinan penyebabnya adalah daya beli masyarakat.

Akan tetapi, ia menambahkan, gengsi dan keharusan memiliki mobil di kalangan anak muda sudah menurun dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Boleh jadi hal ini memengaruhi pembelian mobil. Revolusi perilaku tengah terjadi di dalam konsumen.

Editor:
dewiindriastuti
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000