logo Kompas.id
EkonomiUMKM Garap Ekspor dan Naik...
Iklan

UMKM Garap Ekspor dan Naik Kelas

Usaha mikro, kecil, dan menengah memiliki peran signifikan dalam perekonomian nasional. Namun, peran itu tak cukup. UMKM juga mesti bisa masuk dan berjaya di pasar global.

Oleh
C ANTO SAPTOWALYONO
· 5 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/WqgEu2M3ePtEIlD_RAFNzfeTVGs=/1024x683/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F11%2F725d6061-adfc-44c4-a2ae-80bb735f94c9_jpg.jpg
Kompas/Priyombodo

Pekerja menjahit celana legging di usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) konfeksi di kawasan Cipadu Jaya, Kota Tangerang, Banten, Sabtu (30/11/2019). UMKM ini memberdayakan warga sekitar, terutama dari kalangan ibu rumah tangga untuk turut bekerja.

Usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM memiliki peran tak kecil di Indonesia. Usaha ini tetap turut menopang perekonomian saat krisis moneter mendera Indonesia pada 1998. Perputaran usahanya menopang banyak keluarga sehingga secara tak langsung memiliki andil dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Peran UMKM pada 1998 diungkapkan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki. Kala itu ekspor produk UMKM justru mampu naik 350 persen.

Editor:
dewiindriastuti
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000