logo Kompas.id
EkonomiTransaksi Perjalanan Wisata...
Iklan

Transaksi Perjalanan Wisata Turun, Bank Garap Segmen Lain dan Kartu Kredit

Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 membuat banyak nasabah menahan belanja dan membatasi pengeluaran, terutama untuk berwisata. Pendapatan perbankan dari kanal wisata beralih ke sektor lain, e-dagang dan kartu kredit.

Oleh
Dimas Waraditya Nugraha
· 2 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/3g4YewhpxgDq3jUwffOP6BzSzTk=/1024x683/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F03%2Fdc5ecd15-1f23-4ca4-b007-d87ece434b3b_jpg.jpg
KOMPAS/ANGGER PUTRANTO

Wisatawan mancanegara berbaur dengan wisatawan Nusantara menyaksikan penampilan sendratari Meras Gandrung dalam Festival Lembah Ijen yang digelar di Taman Gandrung Terakota, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (14/3/2020).

JAKARTA, KOMPAS — Transaksi yang dilakukan nasabah perbankan untuk melakukan perjalanan ataupun pariwisata berkurang seiring dengan rutinitas bekerja atau belajar dari rumah dan pembatasan sosial (social distancing). Meski begitu, nilai dan jumlah transaksi dari nasabah untuk segmen lain di luar pariwisata masih akan dijaga dengan pemanfaatan kanal digital ataupun kegiatan promo.

Direktur Konsumer PT CIMB Niaga Tbk Lani Darmawan mengatakan, dalam dua bulan terakhir mulai terlihat penurunan transaksi nasabah melalui kerja sama kanal-kanal perjalanan. Namun, hal ini dirasakan wajar mengingat nasabah tengah banyak yang memilih untuk melakukan pembatasan secara sosial, salah satunya dengan mengurangi perjalanan.

Editor:
Hendriyo Widi
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000