logo Kompas.id
EkonomiOptimalkan Layanan Daring
Iklan

Optimalkan Layanan Daring

Di tengah pandemi Covid-19, sejumlah instansi pemerintah daerah mampu mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sehingga pelayanan publik tak terganggu.

Oleh
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/2Ctbf1Ul0Mn6MmemkYxgvIHu5TQ=/1024x576/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F03%2F409dc16e-81da-4b58-8fc7-d4ef0246ec53_jpg.jpg
Kompas/Heru Sri Kumoro

Suasana di Mal Pelayanan Publik Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) DKI Jakarta lengang karena ditutupnya layanan dengan tatap muka di kawasan Kuningan, Jakarta, Jumat (27/3/2020).

JAKARTA, KOMPAS — Di tengah pandemi Covid-19, sejumlah instansi pemerintah daerah mampu mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sehingga pelayanan publik tak terganggu. Transformasi ke arah digital ini perlu diakselerasi ke instansi lain. Guna mewujudkannya, perlu ada dorongan dari pimpinan daerah atau instansi terkait dan penguatan infrastruktur untuk memastikan berjalannya pelayanan berbasis teknologi.

Salah satu instansi yang telah mengoptimalkan teknologi setelah diharuskannya aparatur sipil negara (ASN) bekerja dari rumah pada 17 Maret akibat pandemi Covid-19 adalah Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) DKI Jakarta. Kepala DPMPTSP DKI Jakarta Benni Agus Candra, Senin (13/4/2020), mengatakan, sehari setelah kebijakan bekerja dari rumah diterapkan, pihaknya langsung mengoptimalkan layanan perizinan dan non-perizinan secara daring.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000