logo Kompas.id
EkonomiUMKM Belum Optimal Jangkau...
Iklan

UMKM Belum Optimal Jangkau Konsumen lewat Jalur Digital

Usaha mikro, kecil, dan menengah diajak menjangkau pasar lebih luas melalui penjualan secara dalam jaringan. Saat ini, UMKM masih menemui berbagai kendala sehingga belum maksimal menjangkau konsumen secara daring.

Oleh
Agnes Theodora
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/L85WWezWL5asEgyoLpLQ_YFRoOQ=/1024x768/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F04%2F2fcbd4f6-a465-4d43-bded-9a70b23f7f8f_jpg.jpg
Kompas/Priyombodo

Pengunjung mengenakan masker dan sarung tangan saat berbelanja di supermarket ritel di kawasan Larangan, Kota Tangerang, Banten, Kamis (16/4/2020). Di tengah pandemi Covid-19, sebagian warga masih memilih untuk berbelanja langsung guna mendapatkan kualitas produk yang dibeli. Namun, sebagian warga mulai mengandalkan belanja daring guna mengurangi kegiatan di luar rumah.

JAKARTA, KOMPAS — Usaha mikro, kecil, dan menengah juga terpukul pandemi Covid-19. Mereka diminta mengembangkan sayap untuk berjualan secara dalam jaringan atau memanfaatkan pasar digital dan laman perdagangan secara elektronik atau e-dagang.

Namun, jalan menuju pemberdayaan pelaku UMKM secara digital masih panjang. Kendala seperti jaringan internet, kapasitas pemasaran, serta menjaga kualitas, dan suplai produk menjadi tantangan yang mesti diselesaikan.

Editor:
dewiindriastuti
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000