logo Kompas.id
EkonomiRespons Aduan Penyalahgunaan...
Iklan

Respons Aduan Penyalahgunaan Data Pribadi Lamban

Penyalahgunaan data pribadi belum tertangani dengan baik. Misalnya penyalahgunaan data pribadi saat belanja daring mulai dari tingkat mitra pedagang, perbankan, hingga logistik.

Oleh
FRANSISKUS WISNU WARDHANA DANY
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/xUkdMd-3UzSur8DJrq5KeBKCMGc=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F01%2FKenaikkan-Biaya-Pengiriman-Paket_86742047_1580046457.jpg
KOMPAS/PRIYOMBODO

Petugas memeriksa paket yang dikirim melalui kantor JNE Pusat, Jakarta, 22 Januari 2019. Pesatnya perkembangan bisnis daring telah meningkatkan volume bisnis pengiriman kargo atau barang.

JAKARTA, KOMPAS — Penanganan aduan penyalahgunaan data pribadi masih lamban, sementara kejahatan yang menggunakan data pribadi masih meresahkan warga. Pelaku kejahatan memanfaatkan celah keamanan, seperti sistem cash on delivery atau bayar di tempat ketika belanja daring.

Sejumlah warga mengalami hal itu selama pandemi. Mereka sudah melapor kepada jasa pengiriman. Walakin, respons terhadap aduan tidak memuaskan. Salah satunya aduan Tria (39) kepada jasa pengiriman. Warga Jakarta itu mengadukan lima paket bayar di tempat dari toko daring berbeda. Aduan lewat kanal media sosial baru mendapat respons setelah berjam-jam terkirim.

Editor:
Andy Riza Hidayat
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000