Gelar Pameran Properti Daring, Mandiri Targetkan 2,5 Juta Pengunjung
Bank Mandiri menargetkan pameran ”Mandiri Festival Properti Indonesia” yang digelar secara daring sepanjang 1 Oktober hingga 31 Desember bisa menarik 2,5 juta pengunjung. Penyaluran kredit diharapkan terdongkrak.
Oleh
Benediktus Krisna Yogatama
·2 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Bank Mandiri bekerja sama dengan Rumah123.com menggelar pameran properti secara daring bernama Mandiri Festival Properti Indonesia mulai 1 Oktober 2021 hingga 31 Desember 2021. Pameran diikuti pengembang 300 proyek properti di seluruh Indonesia melalui situs mandirifestivalproperti.com dan diharapkan bisa meningkatkan kinerja penyaluran kredit pemilikan rumah.
Executive Vice President Consumer Loans Group Bank Mandiri Ignatius Susatyo Wibowo menjelaskan, pihaknya menargetkan 2,5 juta pengunjung dari seluruh Indonesia yang akan menghadiri pameran. Harapannya, para pengunjung itu bisa menjadi nasabah kredit pemilikan rumah (KPR) Bank Mandiri.
”Selain menjadi bentuk inovasi pemasaran di masa pandemi, Mandiri Festival Properti juga merupakan strategi memperluas penetrasi bisnis KPR Bank Mandiri,” ujarnya dalam konferensi pers pembukaan Mandiri Festival Properti Indonesia, Rabu (29/9/2021).
Sampai Juli 2021, Bank Mandiri menyalurkan pembiayaan KPR sebesar Rp 44 triliun. Capaian itu hampir mendekati target penyaluran KPR Bank Mandiri sebesar Rp 45 triliun di tahun ini.
Penyaluran kredit properti di industri perbankan juga sedang menunjukkan pemulihan. Mengutip data Bank Indonesia (BI), sampai Juli 2021, total kredit properti telah mencapai Rp 1.092,8 triliun atau tumbuh 4,9 persen secara tahunan. Pertumbuhan itu ditopang oleh peningkatan KPR dan kredit pemilikan apartemen (KPA) sebesar 7,4 persen secara tahunan menjadi Rp 546,8 triliun per Juli 2021.
Sampai Juli 2021, total kredit properti telah mencapai Rp 1.092,8 triliun atau tumbuh 4,9 persen secara tahunan.
Bertepatan dengan hari ulang tahun Bank Mandiri ke-23 pada bulan Oktober, selama pameran ini pihaknya memberikan promo khusus pilihan suku bunga KPR 2,3 persen fix 1-3 tahun untuk nasabah dan pengembang pilihan. Selain itu, ajang ini juga akan menghadirkan rangkaian webinar dengan topik seputar hunian dan produk Mandiri KPR.
Dia menambahkan, pelaksanaan Mandiri Festival Properti ini juga dilatarbelakangi oleh keinginan menggairahkan industri properti nasional yang didorong optimisme melihat daya beli masyarakat yang menunjukkan pergerakan positif meskipun masih dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini.
Milenial
Country Manager Rumah123.com Maria Herawati Manik menjelaskan, pandemi memberikan tekanan ekonomi, tetapi hunian tetap menjadi kebutuhan primer manusia yang perlu dipenuhi. Apalagi kalangan milenial yang membutuhkan hunian pertamanya.
”Berangkat dari keinginan menjawab kebutuhan masyarakat itu, pameran ini digelar untuk memberikan berbagai alternatif dan informasi agar konsumen bisa memilih hunian paling ideal yang diinginkannya,” ujar Maria.
Pameran ini pun sengaja digelar selama tiga bulan agar calon konsumen memiliki waktu yang cukup untuk mempertimbangkan dan menghitung keuangan mereka. Hal ini karena pembelian hunian tidak bisa diputuskan konsumen secara instan.