logo Kompas.id
EkonomiPasar Kaum Introver
Iklan

Pasar Kaum Introver

Layanan bagi konsumen dengan kepribadian ekstrover terus-menerus ditampilkan, antara lain berupa materi promosi adegan pesta sebagai tempat nyaman. Sebaliknya, pasar bagi kaum introver terkesan terabaikan.

Oleh
ANDREAS MARYOTO
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/GcqqTGp7C5K-qUfPziVGFUOIFxk=/1024x576/https%3A%2F%2Fasset.kgnewsroom.com%2Fphoto%2Fpre%2F2022%2F05%2F19%2Ff7c90dee-6e4f-4a32-89d2-fd3773f0ce6d_jpg.jpg

Beberapa waktu lalu, Grab di Malaysia, Vietnam, dan Filipina mengetes layanan perjalanan sunyi atau disebut quiet riding. Obrolan antara pengemudi dan pengguna sangat minim sesuai dengan permintaan pengguna melalui aplikasi. Perbincangan mungkin sesuai kebutuhan saja. Layanan makin personal. Kebutuhan orang per orang makin dipenuhi oleh perusahaan.

Grab mungkin saja melihat bahwa kebutuhan privasi makin tinggi. Orang tidak ingin diketahui lebih dalam melalui perbincangan. Toh, yang mereka butuhkan adalah pengantaran.

Editor:
NUR HIDAYATI
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000