logo Kompas.id
EkonomiDaya Tawar Konsumen Perlu...
Iklan

Daya Tawar Konsumen Perlu Ditingkatkan

Keberadaan lembaga konsumen tetap dibutuhkan sebagai penyeimbang. Lembaga ini dituntut adaptif terhadap perkembangan zaman agar dapat terus memberdayakan konsumen.

Oleh
MEDIANA
· 3 menit baca
Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi, saat perayaan ulang tahun ke-50 YLKI, Kamis (11/5/2023), di Jakarta.
MEDIANA

Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi, saat perayaan ulang tahun ke-50 YLKI, Kamis (11/5/2023), di Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS  - Konsumen Indonesia dinilai cakap menggunakan hak dan kewajibannya untuk menentukan pilihan konsumsi, tetapi belum aktif memperjuangkan haknya sebagai konsumen. Keberdayaan konsumen tersebut dikategorikan berada pada level mampu.

Keberdayaan ini perlu ditingkatkan agar konsumen punya daya tawar tinggi di tengah pesatnya perubahan teknologi digital yang mempegaruhi produksi dan distribusi barang/jasa. Lembaga perlindungan konsumen pun dituntut adaptif.

Editor:
NUR HIDAYATI
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000