logo Kompas.id
EkonomiKapal, Fasilitas Pelabuhan,...
Iklan

Kapal, Fasilitas Pelabuhan, hingga Penumpang Perlu Disiapkan

Keselamatan tak hanya jadi tanggung jawab operator dan penyelenggara pelabuhan, tetapi juga masyarakat. Keterlibatan masyarakat berperan besar mencegah kecelakaan selama di laut.

Oleh
YOSEPHA DEBRINA RATIH PUSPARISA
· 3 menit baca
Sebuah mobil diparkir di dek luar kapal feri yang berangkat dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung, menuju Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Minggu (8/10/2023).
KOMPAS/IWAN SETIYAWAN

Sebuah mobil diparkir di dek luar kapal feri yang berangkat dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung, menuju Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Minggu (8/10/2023).

JAKARTA, KOMPAS — Otoritas dan penyelenggara pelabuhan dituntut memperbaiki pelayanan serta fasilitas di wilayah tugasnya masing-masing. Masyarakat juga perlu bekerja sama demi keselamatan bersama.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Antoni Arif Priadi mengemukakan, tiga aspek pelayaran perlu disiapkan guna menyambut libur Natal dan Tahun Baru 2024. Ketiga aspek itu adalah penumpang, fasilitas pelabuhan, dan alat angkut (kapal).

Editor:
AUFRIDA WISMI WARASTRI
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000