logo Kompas.id
EkonomiLayanan VIP untuk Anjing
Iklan

Layanan VIP untuk Anjing

Berteman dengan anjing telah menjadi kebutuhan bagi sejumlah orang. Ada yang melihat ini sebagai peluang bisnis.

Oleh
ANDREAS MARYOTO
· 4 menit baca
Calon penumpang pesawat bersiap menempuh penerbangan dari Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (28/3/2023). Bandara itu saat ini setiap hari melayani sekitar 2.500 penumpang melalui 23 penerbangan ke sejumlah tujuan.
KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO

Calon penumpang pesawat bersiap menempuh penerbangan dari Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (28/3/2023). Bandara itu saat ini setiap hari melayani sekitar 2.500 penumpang melalui 23 penerbangan ke sejumlah tujuan.

Dalam sebuah penerbangan dari kota Charlotte ke Chicago, Amerika Serikat, saya duduk bersebelahan dengan seorang penumpang yang membawa boks. Di dalam kotak itu terdapat seekor anjing. Si pemilik bercerita bahwa maskapai memperkenankan anjing ikut dalam kabin dengan sejumlah syarat. Tiba di Chicago, dia akan tinggal di hotel yang memperkenankan anjing menginap.

Berteman dengan anjing menjadi kebutuhan bagi sejumlah orang. Beberapa perusahaan telah melihat peluang bisnis di balik tren ini. Di samping maskapai dan hotel yang memberikan ruang bagi anjing, beberapa penginapan di Amerika Serikat menyajikan menu makanan yang bisa diantar ke kamar, di samping untuk tamunya, juga menawarkan menu pakan untuk hewan kesayangan itu.

Editor:
ARIS PRASETYO
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000