Hanya selang sekitar satu tahun sejak diluncurkan tahun lalu, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) memutuskan untuk melakukan penyegaran line-up model Mazda mereka di awal 2018 ini. PT EMI mendatangkan Mazda3 Speed dan Mazda CX5 Touring untuk melengkapi produk pabrikan Jepang di sini.
Mazda3 dengan penambahan julukan Speed pada edisi ini lebih menekankan penampilan luar yang diklaim membuat raga mobil terlihat lebih sporty dan enak diajak untuk bermain-main dengan kecepatan. Sekilas nama ini menggoda karena mirip dengan nama Mazdaspeed, versi performa tinggi dari mobil-mobil Mazda.
Roy Arman Affandi, Presiden Direktur PT EMI, saat peluncuran kedua model baru tersebut di Jakarta, Selasa (20/2), mengatakan, Mazda3 tampil berbeda dengan penonjolan sosok yang lebih sporty. Pada bagian mesin, memang tidak ada yang baru dari Mazda3 Speed ini. Masih menggunakan mesin yang sama, mesin 4 silinder 2.0 liter yang bisa menghasilkan tenaga sampai 163 HP dengan torsi puncak 210 Nm, Mazda3 Speed sama persis dengan saudaranya yang meluncur lebih dulu, yaitu Mazda3 Hatchback (HB).
Yang membedakan antara keduanya adalah tampilan luar. Setidaknya 10 aksesori yang dilekatkan pada bagian bodi menjadi pembeda antara keduanya dan memberikan kesan kuat sebuah kesan “sporty” pada lansiran anyar PT EMI ini.
Penambahan aksesoris mulai dari underskirt pada bagian depan, buritan dan samping bodi, ditambah lagi dengan velg berkelir gunmetal berukuran 18 inci, membuat kesan “ceper” makin terlihat. Sedangkan pada bagian interior, penambahan aluminium sport pedal pada pedal gas dan rem, diyakini menambah kesan sporty pada kendaraan ini.
PT EMI membanderol Mazda3 Speed ini di harga Rp 442,8 juta on the road untuk wilayah Jabodetabek.
CX-5 Touring
Pada saat yang sama, PT EMI juga meluncurkan satu lagi varian dari Mazda CX-5, yaitu CX-5 Touring, melengkapi varian Elite dan GT yang telah diluncurkan tahun lalu. Tidak banyak yang berbeda dari fasilitas yang ada pada varian Touring bila melihat fasilitas yang ada pada tipe GT. Tampilan fisik tidak berubah. Namun, dari kelengkapan, ada perbedaan pada bagian buritan dan kelengkapan audionya.
Dibandingkan tipe GT dan Elite, pada varian ini tidak dilengkapi dengan fitur power backdoor, fasilitas pembuka dan penutup pintu belakang secara otomatis. Perbedaan lainnya adalah pada kelengkapan audio yang hanya dilengkapi dengan audio lansiran Mazda dan bukan Bose pada dua varian sebelumnya. Walau begitu, Mazda meyakinkan kualitasnya cukup mumpuni untuk menemani pengemudi saat berkendara.
Berkurangnya fitur dan kelengkapan tersebut berdampak cukup signifikan terhadap harga yang ditawarkan. Bila dua varian sebelumnya dibanderol pada harga sudah di atas Rp 500 juta, varian Touring ini menurut rencana dibanderol pada harga RP 498,8 juta on the road di wilayah Jabodetabek.