Chic & Darling, sebuah usaha mikro desain interior dan produk-produk dekorasi lokal Tanah Air, meluncurkan situs terbaru dalam perayaan ulang tahun yang kelima usaha ini, Maret lalu. Tak hanya menghadirkan tampilan yang lebih baik, situs baru Chic & Darling juga menawarkan lebih banyak kemudahan, sekaligus penawaran baru bagi para penggunanya.
”Website baru ini lebih customer-based. Sebab, sejak awal, produk-produk Chic & Darling, seperti bantal atau baju, selalu dibuat berdasarkan permintaan konsumen. Enggak berani kalau enggak ada permintaan. Jadi, website harus membantu dan mewakili kita banget. Konsumen enggak boleh direpotin. Nah, website baru ini dibuat agar bisa memberikan pengalaman yang lebih baik lagi,” kata Pendiri Chic & Darling Kania Annisa Anggiani.
Selain menyediakan informasi tentang produk dengan detail yang lebih lengkap, saat ini Chic & Darling juga menawarkan berbagai kolaborasi dan kerja sama kepada sesama pelaku bisnis. Dengan demikian, usaha ini tidak lagi bersifat B to C atau berorientasi kepada konsumen langsung. Chic & Darling juga bersifat B to B, yakni Chic & Darling membuka diri pada sebanyak mungkin klien.
”Misalnya bikin merchandise untuk perusahaan, atau wholesale interior, desain kafe, ini kami tawarkan juga. Enggak cuma dengan perusahaan besar, tapi juga dengan artist-artist baru atau brand-brand yang belum berani, kami bantu. Sebab, kami dulu merasakan sekali sulitnya memulai usaha tanpa ada benchmark, tanpa ada teman,” tutur Kania.
Khusus untuk ulang tahun kelima, Chic & Darling meluncurkan produk-produk terbaru berkolaborasi dengan seniman Abenk Alter dalam seri produk I Believe In Magic berupa laptop sleeve, scarf atau syal, drawing book untuk anak-anak dan dewasa, tote bag dan sling bag, serta notebook. Untuk produk syal, hasil penjualannya, sebanyak 40 persen, akan disumbangkan bagi anak-anak penderita kanker melalui Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia.
”Ini adalah kontribusi kami. Kami ingin usaha yang kami lakukan memberi makna lebih lagi. Anak-anak dengan kanker sangat membutuhkan perhatian. Dengan ini, kami berharap setidaknya bisa memberi sedikit kebahagiaan, little magic di hari-hari mereka,” kata Kania. Tahun lalu, Chic & Darling juga bekerja sama dengan Monolog Coffee untuk mendukung kampanye penyadaran kanker payudara. (DOE)
Beberapa contoh produk kolaborasi Abenk Alter dan Chic & Darling.