Transaksi di IIMS 2018 Tembus Rp 4 Triliun
JAKARTA, KOMPAS -- Penyelenggaraan pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 telah resmi berakhir hari Minggu (29/4/2018). Panitia menyatakan seluruh target pameran tersebut terpenuhi. Bahkan nilai penjualan mobil dan sepeda motor di pameran ini jauh melebihi target yang ditetapkan sebelumnya.
Hendra Noor Saleh, Direktur PT Dyandra Promosindo selaku penyelenggara IIMS 2018, menyatakan, nilai total transaksi yang dilaporkan per hari Selasa (1/5/2018) mencapai Rp 4,08 triliun, atau naik 27,5 persen dari pencapaian tahun lalu sebesar Rp 3,2 triliun.
"Itu pun kami meyakini angka riil masih jauh lebih besar, mengingat masih sangat lemah tradisi dan kesadaran melaporkan jumlah SPK (surat pemesanan kendaraan) dari APM dari brand-brand motor dan aksesoris aftermarket ke pihak organizer," papar Hendra yang juga menjadi Direktur Proyek IIMS 2018, Rabu (2/5/2018).
Angka tersebut, lanjut Hendra, berasal dari akumulasi 12.402 SPK yang telah dilaporkan hingga hari Selasa. Rinciannya adalah 11.179 SPK untuk mobil dan 1.223 SPK untuk sepeda motor.
Seperti diberitakan sebelumnya, ada 16 merek mobil dan 16 merek sepeda motor dari berbagai belahan dunia yang mengikuti IIMS 2018 di JIExpo Kemayoran, 19-29 April 2018 lalu. Selain itu, juga turut serta puluhan pengusaha aksesoris dan suku cadang aftermarket serta beberapa importir umum kendaraan CBU (completely built-up).
Hendra menambahkan, jumlah pengunjung IIMS 2018 juga mencetak rekor baru, yakni sebanyak 526.431 orang selama 11 hari, atau meningkat sebanyak 22.984 orang dibanding pengunjung IIMS tahun lalu. Peningkatan pengunjung ini seiring dengan penerapan sistem tiket baru yang mengadopsi teknologi digital, bekerja sama dengan marketplace daring, Bukalapak.com.
Hasil positif
Sejumlah agen pemegang merek (APM) peserta IIIMS 2018 juga menyatakan puas dengan hasil positif yang mereka raih selama pameran. Beberapa di antaranya mengungkapkan kenaikan transaksi signifikan dibanding saat IIMS 2017.
PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan dari Mitsubishi Motors Corporation, misalnya, melaporkan total pencatatan SPK untuk 2.644 unit mobil selama 11 hari pameran.
"Pencapaian tersebut melebihi target yang ditetapkan di awal pameran, yaitu 2.050 unit, dan juga melampaui pencapaian SPK tahun lalu di pameran yang sama yakni 1.429 unit. Capaian ini menjadi semangat tersendiri bagi kami untuk terus memberikan layanan terbaik kepada pelanggan dan menjadikan Mitsubishi sebagai top of mind brand nomor 1 di Indonesia," tutur Osamu Iwaba, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI, Senin (30/4/2018).
Mitsubishi Xpander masih menjadi andalan MMKSI dalam pameran kali ini, dengan pesanan di atas 1.300 unit. "Ini diikuti oleh pesanan SPK untuk Mitsubishi Pajero Sport yang meningkat tajam karena respons yang baik terhadap edisi terbatas kami, Pajero Sport Rockford Fosgate, yang menarik perhatian besar dan berhasil memperoleh hampir 400 unit pesanan dalam pameran IIMS ini," imbuhnya.
Sementara PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku distributor resmi kendaraan Toyota di Tanah Air, melaporkan total pencatatan SPK untuk 3.328 unit kendaraan selama IIMS 2018 berlangsung. Angka ini turun dibanding penjualan di IIMS tahun lalu yang mencapai 4.652 SPK, tetapi tetap dilihat sebagai sinyal positif bagi penjualan kendaraan tahun ini.
"Kami bersyukur, minat masyarakat untuk memiliki mobil Toyota tetap tinggi hal itu terlihat dari total SPK yang tercatat selama penyelenggaraan pameran... Kami berharap hasil positif ini akan mendukung peningkatan penjualan Toyota di tahun 2018 sekaligus mempertahankan posisi sebagai market leader, sehingga dapat memberikan kontribusi nyata dalam menggerakkan pertumbuhan industri dan pasar otomotif nasional,” tutur Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur PT TAM, Senin (30/4/2018).
Dari 13 unit mobil yang ditampilkan Toyota di booth pameran yang lebih kecil dibanding tahun lalu, kontribusi terbesar penjualan masih berasal dari produk low MPV andalan mereka, yakni Toyota Avanza. Total SPK untuk Avanza pada IIMS 2018 ini mencapai 766 unit atau berkontribusi sebanyak 23,02 persen dari total penjualan Toyota.
Kontribusi terbesar kedua berasal dari All New Toyota Rush dengan catatan SPK sebanyak 759 unit atau sekitar 22,81 persen dari total penjualan Toyota di IIMS 2018. "Dibanding IIMS tahun lalu, angka penjualan All New Rush mengalami pertumbuhan sangat signifikan, naik tiga kali lipatnya. Pada IIMS 2017, penjualan Rush tercatat sebanyak 251 unit, sedangkan di IIMS 2018 mencapai lebih dari 750 unit,” kata Henry.
Penjualan di atas angka 3.000 unit juga ditorehkan PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku distributor resmi mobil-mobil Honda di Tanah Air. Berdasarkan siaran pers yang diterima Rabu malam ini, HPM mencatatkan 3.661 SPK selama penyelenggaraan IIMS 2018, atau naik tipis dibanding penjualan pada IIMS 2017 sebanyak 3.555 SPK.
Kami percaya hasil di IIMS ini akan menjadi penyegar bagi pasar pada semester pertama dan mendorong tren yang positif tahun ini.
Kontributor terbesar penjualan adalah city car Honda Brio, disusul SUV Honda HR-V dan duo Honda Mobilio dan Honda BR-V. "Kami percaya hasil di IIMS ini akan menjadi penyegar bagi pasar pada semester pertama dan mendorong tren yang positif tahun ini,” ungkap Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT HPM.
Pabrikan mobil premium asal Jerman, BMW, bahkan menyebut kinerja pada IIMS 2018 ini "cemerlang" dengan peningkatan penjualan hingga 30 persen dibanding IIMS tahun lalu. Selama 11 hari, PT BMW Group Indonesia, mencatatkan lebih dari 600 SPK, dengan kontribusi terbanyak diberikan BMW Seri 3, BMW Seri 5, dan BMW X1.
Dari merek MINI, yang berada di bawah BMW Group Indonesia, tercatat ada dua model yang paling diminati konsumen pada IIMS 2018 ini, yakni MINI 3-door dan All New MINI Countryman.
“Pencapaian cemerlang BMW Group Indonesia ini tidak hanya didukung oleh rangkaian kendaraan inovatif BMW dan MINI, namun juga merupakan hasil kerja keras, serta kontribusi oleh semua mitra yang terlibat. Termasuk di dalamnya karyawan BMW Group Indonesia, prinsipal dealer resmi BMW Group Indonesia, BMW dan MINI Sales Consultant, Product Genius dan pihak lainya yang menunjukkan dedikasinya selama 11 hari perhelatan IIMS 2018,” tutur Karen Lim, Presiden Direktur PT BMW Group Indonesia dalam siaran pers resmi, Rabu (2/5/2018).
Pemain baru asal China, Wuling Motors, juga mencatatkan hasil yang menggembirakan. Dian Asmahani, Brand Manager Wuling Motors, mengatakan, dalam keikutsertaan perdana di IIMS ini, pihaknya membukukan 501 SPK untuk dua model yang sudah dipasarkan, yaknii Wuling Confero dan Wuling Cortez.
"Dari total 501 unit tersebut turut disumbangkan dari 248 unit seri Confero dan 253 unit seri Cortez. Bila lebih spesifik pada seri Confero didominasi oleh tipe tertinggi Confero, yakni Confero S 1.5L Lux+ yakni 76 unit. Sedangkan di seri Cortez ditopang oleh varian teratas yakni Cortez 1.8L Lux+ i-AMT yaitu 178 unit," papar Dian.
Sejumlah APM lain belum merilis angka resmi penjualan selama IIMS 2018. Diharapkan dalam beberapa hari mendatang angka penjualan mereka segera diumumkan. (DHF)