logo Kompas.id
Gaya HidupTentang Rasa Indonesia dan...
Iklan

Tentang Rasa Indonesia dan Makanan yang Merekatkan Manusia

Oleh
· 2 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/OrgxArb5mQlY6ZG36sib7mIt7eY=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F05%2F65605344.jpg
KOMPAS/YUNIADHI AGUNG (MYE)

Pakar kuliner William Wongso memeragakan cara memasak sup kenikir saat berlangsung acara peluncuran buku Cita Rasa Indonesia di Jakarta, Rabu (9/5).

Salah satu empu kuliner Indonesia, William Wongso, meluncurkan bukunya, Cita Rasa Indonesia: Ekspedisi Kuliner William Wongso, pekan lalu di Jakarta. Buku ini sebelumnya diluncurkan dalam bahasa Inggris berjudul Flavors of Indonesia. Buku versi bahasa Inggris itu tahun 2017 lalu menerima penghargaan best cookbook of the year dalam ajang bergengsi Gourmand World Cookbook Awards. Ini semacam penghargaan Oscar untuk buku resep di dunia.

Buku ini, selain memuat resep, juga menghadirkan makanan dalam konteks diplomasi antarnegara dan manusia lewat khazanah makanan Indonesia. Makanan yang mengantar kita pada perjumpaan antarsuku dan bangsa dalam kehidupan sehari-hari di kancah global. Sayangnya, makanan Indonesia belum terlalu dikenal di panggung global. Pengenalan orang asing soal masakan Indonesia masih seputar nasi goreng, gado-gado, sate, dan rendang. Padahal, di luar yang itu-itu melulu, masih banyak sekali ragam yang bisa diperkenalkan di panggung kuliner dunia.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000