Mencoba Ketangguhan Lexus NX 300 di Jalur Mudik Alternatif
Oleh
Dahono Fitrianto
·3 menit baca
Berdasarkan pengalaman uji kendara berbagai jenis mobil yang sudah dilakukan selama ini, Kompas sampai pada kesimpulan bahwa tak ada metode lain yang lebih komprehensif untuk membuktikan kinerja sesungguhnya sebuah mobil kecuali dalam sebuah uji kendara jarak jauh.
Variasi medan dan lingkungan yang riil, sekaligus durasi waktu yang lebih panjang untuk mengenal karakter dan segala kelengkapan mobil secara lebih dekat, menjadi berbagai keunggulan uji jarak jauh.
Hanya saja, tak mudah menemukan waktu dan tenaga untuk melakukan uji kendara jarak jauh ini. Alhasil, waktu-waktu liburan panjang, yang biasanya digunakan untuk berlibur ke luar kota yang jauh dari Jakarta, menjadi salah satu alternatif waktu untuk melakukan tes komprehensif ini. Inilah yang dilakukan pada musim libur Lebaran beberapa waktu lalu.
Mobil yang diuji dalam uji jalan ini adalah Lexus NX 300. Selain menjadi model Lexus yang dipasarkan di Tanah Air yang belum dijajal oleh Kompas, bentuk NX 300 sebagai sebuah crossover SUV juga dinilai tepat untuk diajak menempuh perjalanan luar kota yang jauh dengan berbagai variasi medan.
NX 300 adalah nama baru dari model NX sebelumnya, yakni Lexus NX 200t yang pernah Kompas uji coba tahun lalu. Bersamaan dengan perubahan nama ini, ada berbagai pembaruan pada mobil yang diluncurkan di Tanah Air di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Selain sedikit perubahan pada desain lampu depan, juga ada tambahan berbagai fitur di interiornya.
Selebihnya, tak ada perubahan pada mobil ini. Dimensinya tetap dengan panjang 4.630 milimeter (mm), lebar 2.130 mm (dengan kaca spion luar terbuka), tinggi 1.630 mm dan jarak antarporos roda (wheelbase) 2.660 mm.
Di balik kap mesinnya juga masih terpasang mesin 8AR-FTS dengan empat silinder berkapasitas 2.0 liter (1.998cc) yang dilengkapi turbo twin-scroll. Di lembar spesifikasi, mesin ini mengeluarkan tenaga maksimum 235 HP pada putaran mesin 4.800-5.600 rpm dan torsi puncak 350 Newton meter (Nm) pada rentang 1.650-4.000 rpm. Tenaga mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 6 tingkat percepatan.
Melihat spesifikasi itu, NX 300 memiliki bekal tenaga yang lebih dari cukup untuk melibas berbagai medan yang akan ditemui di jalur-jalur mudik Lebaran di Pulau Jawa.
Lebih dari 2.000 km
Perjalanan uji jarak jauh ini menempuh jarak total lebih dari 2.000 kilometer (km), dimulai dari Jakarta kemudian ke kota Kuningan, Jawa Barat, dan dilanjutkan ke Ciamis, Jawa Barat, melalui jalur Cikijing. Dari Ciamis, perjalanan dilanjutkan ke kota Banjar kemudian melintas jalur alternatif Wanareja-Sidareja menuju Cilacap, Jawa Tengah.
Dari Cilacap, perjalanan dilanjutkan ke Yogyakarta dengan menyusuri jalur lintas selatan (JLS) Jawa yang berada persis di tepi Samudera Hindia. Setelah seharian menjelajahi kawasan pedesaan dan pantai-pantai wisata di Yogyakarta, perjalanan dilanjutkan ke Magelang dan Semarang.
Etape terakhir perjalanan menempuh rute dari Magelang ke kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng melewati jalur alternatif Parakan-Jumprit yang menembus medan bergunung-gunung. Dari Dieng, mobil dibawa kembali ke jalur pantai utara melalui Batang, sebelum kemudian masuk ke Jalan Tol Trans-Jawa di Brebes Timur menuju Jakarta.
Perjalanan panjang ini benar-benar menguji seluruh kemampuan mobil SUV premium ini, mulai dari tes akselerasi di jalan tol yang sepi hingga menjajal torsi mobil di medan penuh tanjakan dan tikungan curam. Seperti apa detailnya? Simak laporan lengkap Kompas di rubrik Kendara di Kompas cetak dan KompasID edisi hari Kamis (12/7/2018).