Mitsubishi ”Recall” 77.196 Pajero Sport untuk Perbaikan Pintu Bagasi
Oleh
Dahono Fitrianto
·2 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — PT Mitsubishi Motors Kramayudha Sales Indonesia selaku distributor kendaraan penumpang Mitsubishi di Indonesia memanggil kembali (recall) para pemilik mobil Mitsubishi Pajero Sport seri PB/PC untuk mendatangi bengkel-bengkel resmi di seluruh Tanah Air. Tujuan recall ini adalah penggantian pegas penyangga pintu bagasi belakang untuk menghindari insiden tak diinginkan saat pemilik membuka dan menutup pintu bagasi.
Dalam siaran pers yang diterima Kompas Sabtu (29/9/2018) petang, kampanye perbaikan langsung (field-fix campaign) ini melibatkan 77.196 unit Mitsubishi Pajero Sport produksi tahun 2009-2015 (kode model PB/PC alias Pajero Sport generasi sebelum yang dipasarkan saat ini). Kampanye perbaikan ini akan dimulai pada 1 Oktober 2018 dan para pemilik Pajero Sport yang terdampak program ini tidak dikenai biaya apa pun alias gratis.
Menurut Irwan Kuncoro, Direktur Sales and Marketing Division MMKSI, pihaknya melalui dealer kendaraan penumpang Mitsubishi di seluruh Indonesia akan mengirimkan surat undangan pemeriksaan dan penggantian suku cadang kepada konsumen yang kendaraannya terlibat dalam kampanye ini untuk datang ke bengkel resmi Mitsubishi. Estimasi durasi perbaikan diperkirakan 60 menit.
Adapun suku cadang yang perlu diganti dalam kampanye ini adalah pegas penyangga (tailgate gas spring) yang menyangga pintu bagasi belakang tetap di posisinya saat pintu dibuka. Bagian penutup tabung luar (end cap outer tube) batang hidrolis itu memiliki lapisan antikarat yang kurang mencukupi.
Akibatnya, berdasarkan penyelidikan internal Mitsubishi, tabung luar batang penyangga tersebut bisa karat dan bisa membuat tutup tabungnya terlepas dan pegas tersebut bocor sehingga tak mampu lagi menyangga bobot pintu bagasi. Hal ini dikhawatirkan bisa membuat pintu jatuh tiba-tiba dan bisa mencederai konsumen di bawahnya. Walau demikian, pihak MMKSI mengaku belum pernah menerima laporan adanya insiden seperti itu.
”Program kampanye perbaikan ini merupakan wujud komitmen MMKSI untuk selalu menjaga kualitas kendaraan secara berkesinambungan serta memberikan jaminan layanan purnajual yang berkualitas untuk terus memastikan keamanan dan kenyamanan berkendara bagi para pengguna kendaraan Mitsubishi di Indonesia,” kata Irwan.
Mitsubishi telah melakukan perbaikan produksi pada tailgate spring yang baru dengan penambahan zat antikarat. Konsumen pun dapat membedakan dengan jelas desain tailgate spring yang baru dibandingkan produk lama. Salah satunya pada desain tutup tabung luar dan warna batang tabung dalam (inner tube). Pada produk baru, batang ini berwarna krom terang (steel chrome), sementara pada produk lama berwarna krom gelap (dark chrome).