SUV Keluarga Sang Pangeran
Ini lah mobil pengawal kereta kencana yang dinaiki pasangan pengantin Pangeran Harry dan Meghan Markle usai upacara pernikahan di Kastil Windsor, Inggris, 19 Mei lalu. Tak terlihat kalah wibawa walau beriringan dengan Bentley dan Range Rover, padahal mobil ini adalah penjelajah alam yang tangguh.
Land Rover Discovery adalah model terbaru yang dikeluarkan pabrikan SUV legendaris asal Inggris itu tahun 2017 lalu. Ini adalah Discovery generasi kelima sejak Landy Disco (panggilan akrab Discovery) diproduksi pertama kali pada 1989.
Meski tak menyandang nama Range Rover sebagai penanda kasta tertinggi produk-produk Land Rover, Discovery 5 tetap dilengkapi berbagai fitur kemewahan yang melekat pada ”kakak-kakak kelas”-nya itu.
Itu sebabnya, walau di pernikahan Harry-Meghan dia cuma menjadi mobil pengawal, sejatinya para anggota Keluarga Kerajaan Inggris memilihnya sebagai mobil sehari-harinya.
Salah satunya adalah kakak Harry, Pangeran William, yang menjadi calon penerus takhta Britania Raya. Tabloid Inggris, The Sun edisi 24 April 2018 memberitakan bahwa mobil dengan tujuh tempat duduk itu menjadi mobil pilihan Pangeran William untuk membawa keluarganya kini.
Suami Kate Middleton itu terlihat menggunakan sebuah Land Rover Discovery warna biru tua saat menjemput istri dan anak ketiganya yang baru lahir, Pangeran Louis, di Rumah Sakit St Mary di London, April lalu.
Menurut The Sun, meski William sudah memiliki Range Rover, kapasitas tempat duduknya yang hanya lima kursi dirasa kurang saat jumlah anggota keluarganya bertambah.
Kompas mendapat kesempatan menjajal SUV pilihan keluarga pangeran ini, pertengahan Agustus 2018. Tak mau tanggung, mobil kami bawa ke resor wisata offroad Desa Pelangi Sentul (De\'Pes) di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Karena apalah artinya menunggang sebuah Land Rover tanpa membuktikan sensasi off-road-nya?
DNA segala medan
Seperti disebut di awal tulisan, Discovery tidak menyandang nama Land Rover hanya untuk gagah-gagahan. Namun, seluruh DNA mobil segala medan yang lahir di Inggris tahun 1948 ini masih melekat, walau dengan bungkus semua kecanggihan teknologi abad ke-21.
Kita simak sejenak spesifikasi Landy Disco terbaru ini. Untuk saat ini, varian yang dimasukkan ke Indonesia adalah varian HSE Si6 yang mengusung mesin bensin V6 dilengkapi supercharger.
Di atas kertas, tenaga yang dihasilkan mesin berkapasitas 3.0 liter (2.995 cc) tersebut mencapai 340 PS pada putaran mesin 6.500 rpm. Torsi puncaknya berada di 450 Nm pada rentang 3.500-5.000 rpm.
Tenaga yang sudah cukup untuk menggotong bodi aluminium, yang oleh Land Rover diklaim memangkas berat Discovery hingga 460 kilogram dibanding seri sebelumnya. Berat mobil ini tanpa penumpang (kerb weight) sekarang 2.223 kilogram.
Tenaga mesin disalurkan transmisi otomatis ZF 8 tingkat percepatan yang sudah di-tune oleh para insinyur Land Rover. Sebagaimana seluruh Landy di dunia ini, tenaga mesin itu dibagi ke empat roda. Khusus di Disco 5 ini, mengusung sistem penggerak empat roda permanen (all wheel drive/AWD).
Varian tertinggi ini juga sudah dilengkapi suspensi udara (air suspension) yang bisa diatur secara elektronik untuk memilih tiga tingkat ketinggian dari tanah (ground clearance).
Pada pilihan pertama, yakni Low atau Access Level, ground clearance memendek menjadi 17 centimeter (cm) untuk memudahkan penumpang keluar masuk mobil.
Pilihan kedua adalah Normal, ketinggian mobil pada posisi 21 cm untuk pengendaraan kondisi normal. Sementara menjelang masuk medan offroad, Kompas memilih level tertinggi (High atau Offroad Level), yakni 28 cm.
Dengan ground clearance setinggi ini, kita percaya diri saat membawa mobil ke medan tak rata, dengan sudut-sudut tanjakan atau turunan curam, kemiringan ekstrem, dan penuh rintangan, seperti bebatuan dan lubang-lubang jalan. Apalagi mobil ini diklaim bisa masuk ke kubangan air dengan kedalaman hingga 90 cm.
Namun sebelum melangkah lebih jauh, kita pilih dulu mode berkendara yang paling pas untuk medan di hadapan. Pada Discovery 5, pilihan itu dimudahkan dengan tersedianya sistem Terrain Response 2.
Cukup memilih mode yang sesuai dan komputer mobil akan otomatis menyesuaikan setelan mesin, transmisi, diferensial tengah, dan sistem sasis, termasuk suspensi. Fitur ini sudah lazim tersedia pada SUV-SUV premium dengan kemampuan offroad, katakan semacam Mercedes-Benz G-Class atau Lexus LX.
Saat Kompas menjajal Mud & Ruts dan Sand waktu itu di De\'Pes, mobil berperilaku berbeda dibanding saat melaju di jalan tol. Jalan non-aspal bergelombang tajam pun dilalui tanpa masalah. Pada beberapa titik satu roda menggantung tak menjejak tanah karena kontur medan yang ekstrem, tetapi komputer langsung menyalurkan tenaga ke tiga roda lainnya sehingga mobil tetap memiliki traksi yang dibutuhkan.
Tanjakan dengan kemiringan 23 derajat pun dilalui hanya dengan sedikit geraman mesin.
Yang membuat istimewa adalah kemampuan suspensi meredam guncangan di medan ekstrem seperti ini. Rasa tunggangan premium tak hilang walau kita harus merambah jalan yang tak mulus.
Bisa dikatakan, mengendarai dan menunggang Land Rover Discovery ini paling nikmat saat diajak ke jalur-jalur offroad seperti ini, kata kan lah saat Anda harus meninjau lokasi perkebunan atau pertambangan milik Anda di pelosok daerah.
Saat pulang dari De\'Pes dan mobil diajak berlari di jalan Tol Jagorawi, terasa ada sebuah sensasi yang hilang. Walau mobil ini memiliki sasis monocoque dengan suspensi double wishbone di depan dan multi-link di belakang untuk mengejar stabilitas dan performa on-road, Landy Disco tetap bukan mobil yang terlalu menyenangkan untuk diajak beraspal ria.
Suspensinya masih terasa limbung saat diajak bermanuver. Dan handling-nya masih terasa bagaikan mengemudikan kapal. Namun, bagi beberapa orang, justru semua ini yang memberikan rasa "macho" saat mengemudikan Land Rover.
Di atas semua kinerja-kinerja teknis itu, mobil seharga Rp 2,399 miliar (off the road) ini memberikan berbagai fitur kenyamanan premium sesuai kelasnya. Seluruh jok dilapis kulit dan dilengkapi pemanas serta ventilator pendingin udara di sandaran dan bantalan.
Atap panoramik menjadi perlengkapan standar pada seri HSE Luxury ini. Juga dua layar entertainment berukuran 8 inci untuk penumpang bangku baris kedua. Fitur hiburan ini dilengkapi sistem audio besutan Meridian dengan 14 speaker berkekuatan 825 watt.
Dari luar, walau sudah berubah karakter desainnya dibanding empat generasi terdahulu Discovery yang berbentuk mengkotak, Disco 5 ini tetap mencerminkan kegagahan yang elegan. Velg ukuran 21 inci menambah menawan tampilannya, dan tak malu saat harus bersanding dengan Bentley atau Rolls Royce di garasi Sang Pangeran.