Prestasi gemilang para atlet berhijab nasional di ajang pesta olahraga internasional menginspirasi produsen kerudung Noore untuk menjaga komitmennya mendukung pembinaan dan pengembangan dunia olahraga Tanah Air. Mengusung konsep busana olahraga yang nyaman dan bergaya, produk Noore diharapkan mampu mendorong para atlet mencetak lebih banyak prestasi di pelbagai ajang kompetisi global.
Bekerja sama dengan Elcorps, sebuah holding perusahaan yang bergerak di bidang ritel busana muslim, pendiri Noore Adidharma Sudradjat Kartanegara meluncurkan produk hijab untuk para juara. Program yang diberi nama ”Hijab for the Champion” ini menyiapkan sekitar 300 item produk untuk dipasarkan.
Produk itu sangat beragam, ada kerudung (hijab), atasan, celana, jaket, baju renang, hingga aksesori. Semua produk itu diluncurkan dalam rangka mendukung persiapan para atlet berlaga di Olimpiade 2020 yang akan berlangsung di Tokyo, Jepang.
Peraih penghargaan Juara Nasional Wirausaha Muda Kreatif 2014 ini berharap produk yang diluncurkan tak hanya diterima di pasar dalam negeri, melainkan mampu merambah ke gerai-gerai pakaian olahraga internasional di sejumlah negara. Dia pun tidak hanya fokus pada kualitas produk, melainkan keunggulan kompetitif lainnya.
Adi mengatakan, salah satu keunggulan kompetitif produk hijab untuk para juara ini terdapat pada pilihan bahan yang digunakan. Bahan kain dilengkapi dengan air tech untuk menjaga performa produk sehingga tetap kering dan segar meski digunakan untuk beraktivitas dengan frekuensi tinggi. Selain itu, ada nano guard untuk meningkatkan sirkulasi udara dan mencegah adanya mikroba penyebab bau badan.
Pelaku ekonomi kreatif ini juga menambahkan termal tech untuk mempertahankan suhu tubuh dan dilengkapi dengan UPF (Ultraviolet Protection Factor) hingga 30 persen untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan kanker atau kerusakan pada kulit.
Di samping bahan berkualitas yang diaplikasikan pada desain mode kekinian, strategi penjualan memiliki peran penting dalam pengembangan produk hijab olahraga. Salah satu strategi untuk menarik perhatian pasar adalah dengan menggaet para atlet berprestasi sebagai brand ambassador.
CEO Elcorps Elidawati mengatakan, ada empat atlet yang didapuk menjadi brand ambassador, yakni atlet taekwondo peraih medali emas di ajang Asian Games 2018, Defia Rosmaniar, dan peraih medali perunggu dari cabang skateboard, Nyimas Bunga Cinta. Dua orang lainnya adalah atlet panjat tebing putri Aries Susanti Rahayu serta Puji Lestari yang berhasil meraih medali emas dan perunggu pada IFSC World Cup 2018 di China.
”Sebagai wujud komitmen perusahaan terhadap prestasi para atlet, sebagian hasil penjualan produk akan disisihkan untuk kegiatan pembinaan dan pengembangan cabang olahraga, terutama cabang-cabang yang memerlukan dukungan keuangan,” ujar Elidawati. (NIK)