logo Kompas.id
Gaya HidupPenilaian Daring Pelanggan...
Iklan

Penilaian Daring Pelanggan Permudah Perkembangan Industri Perhotelan

Oleh
Satrio Pangarso Wisanggeni
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/1YSgShBMF4GpFkFOFsy-KBb5wHM=/1024x701/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F10%2FIMG_0004-e1531736045910.jpg
KOMPAS/ELSA EMIRIA LEBA

Pemandangan yang menjadi andalan dari Radisson Blu Bali Uluwatu, yang berada di Pecatu, Badung, Bali, Jumat (6/7/2018). Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Hariyadi Sukamdani memperkirakan, saat ini pemesanan hotel lewat kanal internet seperti situs web atau aplikasi ponsel pintar, seperti Traveloka atau Tiket.com, sebesar 35 persen dari total pemesanan dan setiap tahun sektor ini mengalami peningkatan sekitar 10 persen.

JAKARTA, KOMPAS — Penilaian atau review dari pelanggan di situs ataupun layanan pemesanan hotel tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat untuk mempermudah menentukan pilihannya, tetapi juga kepada pemilik dan pengelola hotel. Mereka mendapat penilaian langsung dari pelanggan dan bisa tepat sasaran memperbaiki kekurangan yang dikeluhkan.

Pengelola dan pemilik hotel saat ini harus menaruh perhatian yang lebih terhadap hasil penilaian tamunya. ”Hotel yang tidak membaca review itu bahaya karena (industri perhotelan) sangat kompetitif sekarang,” kata Hariyadi Sukamdani, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia, di Jakarta pada Senin (15/10/2018).

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000