Hingga 90 Tahun, Mickey Mouse Tetap Relevan dengan Perkembangan Zaman
Oleh
Ayu Pratiwi
·3 menit baca
Setelah tampil dalam salah satu kartun pertama dengan suara, Steamboat Willie, pada 18 November 1928, karakter ikonik Mickey Mouse pada bulan ini merayakan ulang tahunnya yang ke-90. Hampir seabad setelah karakter itu diciptakan, Mickey Mouse hingga saat ini masih merupakan salah satu karakter kartun yang paling dikenal dan disukai banyak kalangan.
Selama 90 tahun dan di negara mana pun Mickey Mouse tampil, Dana Jones, Director of Corporate Brand and Franchise Management dari Walt Disney, mengatakan, sifat Mickey yang dikenal sebagai karakter yang manis, optimistis, beruntung, dan berani selalu dipertahankan secara konsisten.
”Karakter Mickey membawa kegembiraan dan kesenangan. Kepribadiannya tidak pernah berubah selama 90 tahun. Yang berubah adalah medium tempat cerita Mickey disampaikan. Cerita Mickey yang sebelumnya hanya tayang di teater dan buku komik, kini juga ada di televisi, media sosial, aplikasi, dan gim,” tutur Dana Jones ketika diwawancarai melelui telepon di kantor Walt Disney Indonesia, Jakarta, Kamis (8/11/2018).
Saat ini, cerita Mickey menargetkan penonton yang mendekati usia 18 tahun serta kaum milenial. Untuk itu, konten cerita yang disusun harus relevan dengan kebiasaan atau gaya hidup anak muda.
”Cerita Mickey selalu disesuaikan dengan perkembangan zaman. Sekarang, gaya Mickey sudah lebih modern. Ia memiliki smartphone, juga media sosial, seperti anak-anak muda di era digital sekarang. Ia juga gemar memotret makanannya dan mengunggahnya di akun Instagramnya,” ujar Dana.
Cerita Mickey dan kawan-kawannya akan terus berlanjut ke depan. ”Perusahaan Walt Disney dan karakter Mickey tidak bisa terpisahkan. Karakter Mickey yang penuh optimistis dan kegembiraan mencerminkan apa yang Walt Disney mencoba melakukannya, yaitu menjadi optimistis dan melihat hal yang positif dari segala hal,” ucap Dana Jones.
Mengutip dari laporan The Licencing Letter, The New York Times memberitakan, karakter Mickey dan sahabatnya (Minnie, Pluto, dan Goofy) merupakan salah satu produk terlaris Walt Disney. Diperkirakan, hasil penjualan ritel karakter itu mencapai setidaknya 3,2 miliar dollar AS per tahun. Itu belum termasuk hasil penjualan dari toko yang berada dalam 12 taman hiburan Disneyland Park di seluruh dunia.
Perayaan yang digelar Walt Disney dalam memperingati hari ulang tahun ke-90 Mickey dilakukan secara internasional dan dalam skala yang cukup besar. Walt Disney berkolaborasi dengan sejumlah perusahaan ritel besar, seperti Uniqlo dan Levi’s, serta perancang busana ternama, seperti Marc Jacobs, untuk memasarkan produk khusus perayaan ulang tahun Mickey.
Pada Minggu (4/11), saluran televisi ABC menyediakan waktu tayang selama dua jam khusus untuk pertunjukkan ”Mickey’s 90th Spectacular”. Perayaan itu menghadirkan sejumlah bintang artis terkini, seperti Meghan Trainor, Tori Kelly, Zac Brown Band, dan grup K-pop, NCT 127.
Pada awal 2019, perayaan ulang tahun Mickey itu akan dilanjutkan di semua Disneyland Park selama tiga bulan.
Pewarta The New York Times, Brooks Barnes, menyampaikan, ”Kecil dan halus bukan gaya perusahaan Walt Disney. Namun, upaya baru mereka untuk memusatkan perhatian pada salah satu karakter tertuanya, Mickey Mouse, merupakan sesuatu yang perlu diperhatikan.”