Ngobrol Bersama Tasia, "Chatbot" Terbaru dari Auto 2000
JAKARTA, KOMPAS – Perubahan layanan berbasis teknologi di tengah mobilitas kehidupan masyarakat yang sangat tinggi menjadi keniscayaan. Kebutuhan pelayanan konsumen yang semakin baik mendorong Auto 2000, sebagai ujung tombak pemasaran aneka produk Toyota, tak ingin kehilangan kepercayaan dan loyalitas pelanggannya.
“Kini, selamat ‘ngobrol’ bersama Tasia. Saya perkenalkan, Tasia Auto 2000 virtual assistant atau chatbot otomotif pertama di Indonesia yang akan membantu semua urusan Toyota anda menjadi lebih mudah lagi,” kata CEO Auto 2000 Martogi Siahaan dalam peluncuran Chatbot Auto 2000 di Jakarta, Kamis (14/2/2019).
Setelah dikonfirmasi, pilihan nama Tasia bukan sekadar memberikan citra figur perempuan. Tasia merupakan singkatan dari Toyota Astra Intelligent Assistant. Di era digital yang serba cepat dan penuh tantangan ini, Auto 2000 meyakini bahwa konsumen memiliki mobilitas tinggi. Mereka selalu menantikan inovasi terbaru dalam bentuk layanan berbasis internet.
Tentunya, layanan berbasis digital ini diharapkan semakin mempermudah segala kebutuhan pemilik mobil. Menyambut kebutuhan pelanggan “zaman now” ini lah, Auto 2000 memperkenalkan chatbot, teknologi layanan pelanggan terbaru.
Setelah aplikasi Auto 2000 Mobile, Tasia merupakan produk layanan digital berikutnya dari Auto 2000 yang mengemban amanat untuk memberikan kemudahan pada pelanggan dalam mengakses dan menikmati segala bentuk layanan. Bisa dikatakan, Tasia merupakan chatbot otomotif pertama di Indonesia untuk mempermudah pelanggan berinteraksi dengan Auto 2000, tanpa batasan ruang dan waktu.
Martogi mengatakan, pelayanan secara relationship, kehadiran tenaga manusia jauh lebih dominan dibandingkan layanan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) ini. Sentuhan manusia tidak bisa digantikan oleh mesin. Oleh sebab itu, relasi dengan konsumen tetap diutamakan.
Namun, untuk memudahkan pelayanan bagi konsumen di tengah kesibukan kerja dan keterbatasan waktu, pilihan yang lebih memudahkan dan nyaman diserahkan kepada konsumen.
Tasia tersedia pada applikasi Auto 2000 dan juga ada di lama resmi Auto 2000 dan kanal percakapan WhatsApp Auto 2000. Tasia hadir di multiplatform. Meski demikian, Tasia tetap merupakan mesin teknologi yang terus-menerus belajar. Semakin dimanfaatkan oleh konsumen Toyota, semakin “lebih pintar” lagi.
Saat ini, desain teknologi Tasia dimulai dengan berbagai modul dasar terkait dengan urusan layanan otomotif Toyota. Namun, belum semua hal bisa dijawab oleh mesin ini. Auto 2000 percaya, dengan diberikan berbagai pertanyaan konfirmatif oleh konsumen, suatu saat Tasia akan lebih baik memenuhi kebutuhan konsumen.
Percakapan penting
Sebagai informasi, chatbot adalah layanan digital yang memiliki kemampuan percakapan natural di dalam aplikasi pesan singkat atas bantuan artificial intelligent (AI). Kehadiran chatbot Tasia terkait dengan beberapa hal penting, seperti fast response atau kecepatan merespon, sehingga chatbot dapat dengan cepat membalas pesan dari pelanggan sesuai dengan kebutuhan informasi yang diinginkan.
Chatbot ini juga dapat diakses 24 jam, karena tidak membutuhkan operator untuk menjalankan. Yang paling menarik, adanya AI membuat chatbot seperti Tasia memiliki gaya bahasa yang luwes dan tidak kaku, sehingga terasa alami dan nyaman saat berinteraksi.
Tasia yang menyapa pelanggan yang mengakses dengan sapaan ‘Auto Family’, memiliki beberapa fitur utama dan menjadi keunggulan. Yang pertama adalah urusan pembelian kendaraan yang meliputi info katalog, harga mobil, hingga pencarian tipe kendaraan yang cocok untuk konsumen. Berikutnya adalah booking service untuk pelanggan Auto 2000, seperti pemesanan servis berkala atau perbaikan kendaraan Toyota via Tasia.
Bentuknya pelayanan bisa dikerjakan di bengkel resmi Auto 2000 atau mengorder layanan Toyota Home Service – Auto 2000 Home Service. Juga, ada fitur tracking status servis dan pembelian mobil, sehingga pelanggan dapat mengecek langsung proses pembelian kendaraannya atau proses servis mobilnya di bengkel.
Terdapat pula info kredit untuk informasi persyaratan kredit dan perhitungan simulasi kredit, FAQ, informasi lokasi cabang atau bengkel resmi Auto 2000 terdekat, serta informasi lain seputar produk dan servis Auto 2000.
Untuk langkah awal, Tasia masih didesain menggunakan bahasa Indonesia. Untuk chating dengan Tasia, pelanggan hanya perlu membuka browser dan masuk ke halaman Auto2000.co.id. Konsumen akan menemukan widget berwarna biru muda di pojok kanan bawah, kemudian hanya perlu tap/klik, dan Tasia akan menyapa pelanggan.
Tasia juga sudah tersedia di nomor kontak WhatsApp 0822-8980-2000, tetapi untuk saat ini baru bisa membantu melakukan booking service. Semua data pemilik mobil Toyota pun dijanjikan akan tetap dijaga kerahasiaannya dan hanya akan dipergunakan untuk keperluan transaksi Auto2000 yang dipilih oleh konsumen.
Konsumen hanya perlu mengajak ngobrol Tasia seperti menulis “mau servis dong” atau pilih menu Booking Service yang ada di menu utama chatbox Tasia. Setelah itu konsumen bisa memilih opsi booking service di bengkel atau order layanan THS – Auto2000 Home Service.
Tasia akan mengajak pelanggan ‘berkenalan’ dan pelanggan bisa memberikan nama dan data diri untuk kebutuhan identifikasi servis, ikuti petunjuk yang Tasia berikan hingga pelanggan mendapatkan bukti reservasi booking service, dan selanjutnya akan dihubungi petugas bengkel/THS.
Sementara, apabila calon pembeli mobil Toyota ingin melakukan simulasi kredit, mereka dapat mengajak ngobrol Tasia. Ambil contoh menulis "saya mau beli (tulis model mobil Toyota yang diinginkan)", dan selanjutnya ikuti petunjuk yang Tasia berikan. Setelah katalog kendaraan muncul, pilih menu lainnya pada tipe kendaraan yang pelanggan mau hitung.
Kemudian, dilanjutkan memilih menu Credit Simulation dan ikuti petunjuk Tasia berikutnya hingga pelanggan mendapatkan simulasi harga rujukan, jumlah uang muka atau down payment (DP), serta estimasi jumlah cicilan perbulan.
Dengan memanfaatkan kecerdasan buatan, Tasia secara instan akan menjawab pertanyaan konsumen tanpa harus menunggu Tasia membaca chat atau mengetik jawaban atas pertanyaan pelanggan. Meski demikian, bisa saja Tasia menjawab “Mohon maaf, Tasia belum mengerti?” mengingat ‘usia’ Tasia yang masih belia dengan AI yang perlu diperkaya berbagai informasi sehingga ke depannya bisa menjawab seluruh kebutuhan konsumen Auto2000.
Saat ini fitur Tasia yang lebih lengkap sedang dipersiapkan di WhatsApp, termasuk dalam aplikasi Auto2000 Mobile, serta adanya kemungkinan untuk dikembangkan di kanal social media atau platform layanan digital Auto 2000 lainnya.
Kehadiran Tasia sebagai asisten virtual diharapkan dapat membantu kebutuhan mobilitas pelanggan Auto2000. “Secara obyektif, membantu konsumen Toyota yang menjadi pelanggan setia Auto 2000 bisa menikmati pengalaman mobilitas beserta segala bentuk sajian layanan Auto 2000 yang mudah, personal dan terpercaya, baik dalam hal pembelian maupun perawatan kendaraan,” ujar Martogi.
Kontribusi pelayanan yang diberikan Auto 2000, terutama dalam penjualan secara ritel tahun 2018, rupanya mampu mendorong penjualan sebesar 43 persen dari total penjualan kendaraan Toyota. Jumlah ini meningkat sekitar 0,4 persen dari penjualan pada tahun 2017. (OSA)