Di Tengah Kompetisi Ketat, Honda Luncurkan Facelift Civic dan Mobilio
Oleh
Dahono Fitrianto
·4 menit baca
JAKARTA, KOMPAS -- Di tengah kompetisi yang kian memanas di segmen mobil low multipurpose vehicle (LMPV), Honda pun tak mau tertinggal di belakang. Walaupun hanya dengan melakukan facelift, PT Honda Prospect Motor (HPM) berusaha melakukan perlawanan dengan LMPV andalannya, Honda Mobilio.
Hari Kamis (21/02/2019), bertempat di atrium utama mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, PT HPM meluncurkan versi facelift dari dua modelnya, yakni Honda Mobilio dan Honda Civic Turbo. Berikut ini berbagai perubahan yang terjadi pada dua model tersebut.
Pada Honda Mobilio Tipe E, MPV berkapasitas 7 tempat duduk ini mengalami sentuhan perubahan di bagian eksterior dan interior serta penambahan beberapa fitur. Yang langsung terlihat dari luar adalah penerapan lampu depan model proyektor dan daytime running light (DRL) berteknologi LED.
Sementara pada bodi mendapatkan tambahan berbagai body kit, seperti front under spoiler di bawah lampu kabut, side skirt, hingga rear under spoiler. Sementara velg ukuran 15 inci juga berdesain baru dengan dua warna (two tone). Semuanya menambah kesan sporty pada Honda Mobilio versi Tipe E ini
Di bagian interior, ada perubahan pada warna dasbor menjadi hitam dan warna pembungkus kursi warna gading (ivory). Pada Mobilio E kini dilengkapi head unit dengan layar sentuh ukuran 6,2 inci yang memiliki fungsi pemutar CD/DVD, kamera mundur, koneksi bluetooth dan koneksi nirkabel dengan ponsel.
Sementara di varian Honda Mobilio RS, juga mendapat sentuhan perubahan. Selain projector headlamp dan body kit yang ada di Mobilio E, kini ada aksen warna garis-garis orange di dasbor berwarna hitam. Ini menimbulkan efek kontras yang sporty. Demikian juga benang jahitan pada jok warna gelap yang juga menimbulkan kontras sporty.
Perubahan pada varian RS berlanjut dengan desain meter cluster yang kini mendapat logo RS warna merah di speedometer. Head unit juga kini dilengkapi layar sentuh kapasitif berukuran 8 inci. Sementara di bagian eksterior, antena radio kini berbentuk sirip hiu (shark fin) dan ada aksen gelap (smoked) pada lampu belakang.
Semua perubahan itu ditawarkan kepada para pelanggan setia Honda tanpa perubahan harga. Honda Mobilio tetap ditawarkan dengan harga terendah Rp 194 juta untuk tipe S bertransmisi manual; Rp 225,5 juta untuk Tipe E bertransmisi CVT; dan harga tertinggi Rp 248 juta untuk Honda Mobilio RS CVT.
"Tak hanya melalui penyegaran tampilan dan fitur baru, New Honda Mobilio juga tetap menawarkan performa bertenaga sekaligus hemat bahan bakar, desain yang sporty sekaligus fitur-fitur untuk kenyamanan, hingga harga yang value for money dan biaya operasional yang meringankan konsumen," ungkap Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT HPM Jonfis Fandy dalam siaran pers resmi.
New Civic Turbo
Sementara pada Honda Civic Turbo, perubahan terjadi pada bumper depan bagian bawah yang dibuat lebih gahar dan aerodinamis. Lampu kabut kini juga mengadopsi teknologi LED, dan pemasangan chrome garnish di sekitar lampu kabut dan bagian bumper belakang. Velg 17 incinya juga mengalami perubahan desain dan penerapan model two tone color.
Di bagian interior, bangku New Honda Civic ini dirancang lebih elegan dan tambahan fitur pengatur posisi kursi elektronik di bangku penumpang depan. Kursi penumpang ini bisa diatur ke empat arah berbeda.
Selain itu, ditambahkan fitur kaca spion dalam yang bisa melakukan auto-dimming saat terkena cahaya menyilaukan dari kendaraan di belakang. Secara tampilan, ada pula perubahan pola material di sandaran kursi.
"New Honda Civic merupakan salah satu model dengan reputasi besar di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Penyegaran yang dilakukan pada desain eksterior dan fitur di interior mengukuhkan kemewahan dan citra sporty dari model ini," kata Presiden Direktur PT HPM Takehiro Watanabe di siaran pers.
Jonfis Fandy menambahkan, berbagai penyegaran ini dilakukan sebagai bentuk upaya Honda untuk selalu memberikan inovasi dan nilai lebih kepada konsumen yang sudah menerima dengan baik kehadiran Honda Civic Turbo sejak peluncurannya tahun 2016. Menurut Jonfis, Civic Turbo saat ini menguasai segmen pasarnya dengan pangsa hingga 75 persen.
Sejak diperkenalkan di pasar domestik, Honda Civic Turbo telah terjual sebanyak 4.802 unit hingga Januari 2019.