JAKARTA, KOMPAS — Tak semua dealer kendaraan mampu memberikan kepuasan bagi pelanggan dalam soal uji kendara alias test drive kendaraan yang ingin dibeli konsumen. Keterbatasan unit kendaraan yang tersedia atau lintasan seputar dealer yang tak sepenuhnya mampu memberikan gambaran pengalaman mengemudi bagi konsumen, mendorong PT Toyota Astra Motor (TAM) berinovasi meningkatkan pelayanannya dengan membangun sirkuit khusus untuk pengujian kendaraan bagi para konsumen.
”Pelayanan konsumen memang terus kami coba tingkatkan. Salah satunya, fasilitas Toyota Driving Experience ini,” kata Wakil Presiden Direktur TAM Henry Tanoto di sela-sela peresmian sirkuit Toyota Driving Experience (TDE) yang dibangun di Kantor Pusat TAM di kawasan Sunter, Jakarta Utara, Jumat (29/3/2019).
Setelah terobosan layanan konsumen berbasis teknologi aplikasi, Toyota Interactive Virtual Assitant atau Tarra, diluncurkan pada awal Maret lalu, TAM melihat ketatnya persaingan otomotif tak perlu terus-menerus dihadapi degan hanya berkutat pada produk otomotif yang dipasarkan. Pelayanan pra dan purnajual juga penting untuk mempertahankan loyalitas pelanggan, termasuk pula konsumen yang berminat pada produk yang dihasilkan oleh Toyota.
Penggunaan fasilitas TDE merupakan bagian komitmen Toyota untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Fasilitas ini untuk meyakinkan pelanggan agar dapat merasakan langsung pengalaman mengemudi yang lengkap sebelum memutuskan untuk membeli produk Toyota sebagai mobil pilihannya.
Berdasarkan riset TAM, selama ini keputusan konsumen dalam membeli kendaraan membutuhkan waktu sekitar sepekan setelah proses penawaran yang dilakukan oleh staf pemasaran.
Dengan adanya pengalaman mengemudi secara langsung, walaupun pengalaman pengujian hanya sebatas lingkungan sekitar dealer, keputusan konsumen dalam melakukan pembelian membutuhkan waktu sekitar dua hari. Hal ini masih dirasakan sebagai tantangan bagi Toyota untuk menekan kembali waktu yang dibutuhkan konsumen.
Presiden Direktur TAM Yoshihiro Nakata mengatakan, ”Kehadiran Toyota Driving Experience merupakan komitmen Toyota dalam memberikan layanan yang melebih ekspektasi pelanggan dalam semangat Beyond Service. Toyota tidak hanya menyediakan produk yang terbaik, tetapi juga mendukung pelanggan dalam proses kepemilikan mobil melalui pengalaman terbaik.”
TDE dibangun di atas lahan hampir sekitar 10.000 meter persegi. TDE dirancang agar pelanggan bisa mendapatkan pengalaman mengemudi dalam berbagai situasi. TDE memiliki area-area tertentu yang didukung trek-trek khusus agar pelanggan bisa optimal merasakan berbagai kelebihan dari mobil Toyota yang dikendarai dalam berbagai kondisi dan medan jalan.
Selain area untuk menguji comfort dan handling mobil, TDE juga dilengkapi area untuk menguji kecepatan dan medan jalan semi-off-road. Untuk area comfort, trek yang disediakan adalah smooth asphalt agar pelanggan mengetahui stabilitas dan kebisingan mobil, slope hill atau tanjakan untuk mengetes hill start assist dan torsi awal mobil, speed bump untuk pergerakan bodi mobil dan suspensinya.
Untuk area handling, trek yang disediakan adalah U-turn guna mengetahui kemampuan kemudi pengendalian mobil saat berputar, parking condition untuk mengetes kepekaan sensor dan kamera parkir, dan slalom atau zigzag untuk mengetahui respons kemudi dan kekukuhan bodi mobil (tingkat kelimbungan mobil) ke arah luar jalur saat kendaraan sedang berbelok atau bermanuver.
Pada area speed, trek yang disediakan adalah akselerasi agar pengemudi mengetahui respons mesin mobil saat dipacu pada kecepatan tertentu dan trek braking (pengereman) mendadak guna mengetahui efektivitas pengereman. Sementara untuk area semi-off-road, trek yang disediakan adalah flooding untuk mengetahui kemampuan mobil saat melintasi jalan dalam kondisi banjir dan pot hole guna mengetahui kemampuan dan ketangguhan mobil saat melintasi jalan berlubang.
Turun langsung
Jajaran direksi TAM langsung tergelitik untuk mencobanya. Yoshihiro Nakata langsung pegang kendali. Memasuki mobil Toyota Veloz 1.5L A/T, Nakata didampingi seorang teknisi TAM di sebelahnya. Sementara Henry Tanoto ikut menjadi penumpang di baris kedua. Adapun model sedan Toyota Camry Hybrid terbaru ditumpangi oleh Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmy Suwandy.
Yang menarik, tidak sekadar medan jalan yang bervariasi, tetapi juga ada area genangan air yang harus dilintasi. Ketinggian genangan air dirancang mencapai 40 sentimeter. Namun, dalam proses pengujian saat itu, karena ada model sedan yang diuji, ketinggian air diatur mencapai 20 sentimeter saja.
”Kami memandang pengalaman berkendara sangat penting bagi pelanggan karena merupakan titik awal dalam proses pembelian. Keberadaan Toyota Driving Experience kami harapkan akan makin meningkatkan aktivitas test drive Toyota sebagai daya tarik tersendiri dalam proses penjualan sebuah produk bagi pelanggan serta upaya untuk mempercepat pembelian pelanggan,” kata Anton.
TAM juga melengkapi TDE dengan berbagai fasilitas test drive lainnya, termasuk unit mobil Toyota yang dapat digunakan pelanggan untuk merasakan pengalaman berkendara yang terbaik sebelum membuat keputusan pembelian. Prosesnya pun sangat mudah bagi pelanggan yang ingin menggunakan fasilitas TDE ini.
Pada saat datang ke dealer resmi Toyota terdekat, permintaan melakukan test drive terkait dengan mobil yang diinginkan bisa langsung diajukan ke salesman yang melayani untuk dapat segera melakukan booking jadwal kunjungan ke TDE. Salesman akan mendampingi calon pelanggan saat datang ke TDE untuk melakukan test drive sesuai dengan permintaan yang telah diajukan.
”Kami berharap fasilitas ini dapat memenuhi kebutuhan pelanggan, terutama untuk mendapatkan pengalaman lengkap mengendarai produk Toyota sebelum membuat keputusan membeli mobil pilihannya. TDE merupakan wujud komitmen TAM yang selalu melakukan perbaikan terus-menerus (Kaizen) pada aspek produk, teknologi, layanan, dan tidak terkecuali perbaikan pada infrastruktur dan fasilitas,” kata Anton.
TDE dibangun dan dikembangkan TAM sejak 2018 lalu dan mulai dioperasikan secara internal pada pertengahan Desember 2018. Setelah resmi dioperasikan untuk khalayak umum, TDE hadir melayani pelanggan pada Selasa hingga Sabtu mulai pukul 10.00-18.00 dan Minggu pukul 10.00-16.00.
Sebagai fasilitas penting untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen, fasilitas ini boleh jadi menjadi salah satu proyek percontohan Toyota di Indonesia. Apabila respons positif ini menjadi kebutuhan yang perlu dibangun di sejumlah daerah, terutama di kota-kota besar, pihak Toyota akan mempertimbangkan untuk membangun fasilitas-fasilitas serupa di beberapa daerah. (OSA)