PT Maxindo Renault Indonesia meluncurkan mobil seri terbaru, yaitu New Maxindo Version Koleos 2019. Mobil ini menjadi alternatif baru bagi penggemar mobil sport utility vehicle di Tanah Air.
Oleh
SEKAR GANDHAWANGI
·3 menit baca
TANGERANG, KOMPAS — Setelah menjadi importir dan distributor resmi Renault sejak Januari 2019, PT Maxindo Renault Indonesia meluncurkan mobil seri terbaru. Mobil itu diharapkan memberikan warna baru bagi pasar mobil sport utility vehicle di Indonesia.
New Maxindo Version Koleos 2019 diresmikan sebagai SUV teranyar Renault. Peresmian mobil ini sekaligus menandai komitmen Renault untuk berekspansi melalui PT Maxindo Renault Indonesia (MRI).
”Sebagai distributor baru Renault, kami ingin melakukan segala sesuatu dengan agresif, baik dari segi network (jaringan), product (produk), maupun journey (perjalanan). Maka dari itu, kami mau membuat acara (peluncuran) yang mengesankan dan disruptif,” kata Chief Operating Officer PT MRI Davy J Tuilan, Selasa (30/4/2019), di Hanggar Garuda Indonesia, Tangerang, Banten.
Ia mengatakan, PT MRI adalah perusahaan otomotif Indonesia pertama yang melakukan peluncuran produk di hanggar. Ini bisa terlaksana karena MRI bekerja sama dengan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.
New Maxindo Version Koleos 2019 berbeda dengan seri Koleos dalam jajaran SUV Renault. Davy menekankan dua perbedaan antara New Maxindo Version Koleos 2019 dan seri Koleos sebelumnya.
Pertama, Koleos anyar ini memiliki fitur automatic parking assist. Para pengguna bisa memanfaatkan fitur ini untuk memarkirkan mobil secara paralel ataupun normal.
Pengendara cukup menekan sejumlah menu parkir di panel dasbor dan memilih jenis parkir yang dikehendaki. Setir mobil akan bergerak sendiri untuk parkir. Pengendara tinggal menginjak pedal gas dan rem secukupnya.
Kedua, mobil ini dilengkapi koneksi carplay iOS dan Android. Dengan fitur ini, pengendara bisa menghubungkan ponsel pintarnya dengan sistem pada mobil.
Selain itu, New Maxindo Koleos 2019 dilengkapi mesin multipoints injection dengan kapasitas 2.488 cc (sentimeter kubik). Tenaga yang dihasilkan sebesar 169 hp (horse power) dan torsi maksimal sebesar 266 Nm. Mesin ini dilengkapi pula dengan transmisi otomatis 7-percepatan.
Koleos baru ini juga memiliki enam kantong udara (airbag). Dari enam kantong, dua kantong berupa curtain bags yang dapat memberikan proteksi pada kursi penumpang di baris pertama dan kedua.
”Kami yakin produk ini akan menjadi kompetitor baru di pasar SUV yang akan memberikan warna baru. Penjualannya pun luar biasa jika dibandingkan dengan Koleos sebelumnya,” kata Davy.
New Maxindo Koleos 2019 varian Signature bisa diperoleh dengan harga Rp 543 juta, sedangkan varian Luxury bisa dibeli seharga Rp 477 juta.
Vice President SBU Loyalty and Ancillary Revenue Garuda Indonesia Jubi Prasetyo yang turut hadir dalam peluncuran New Maxindo Koleos 2019 mengucapkan selamat atas peluncuran mobil itu. Ia berharap, melalui kerja sama antara Garuda Indonesia dan MRI pada acara ini, hubungan keduanya semakin erat pada tahun-tahun mendatang.
”Semoga kerja sama antara Garuda Indonesia dan MRI bisa memberikan nilai tambah terhadap revenue (pendapatan) kedua perusahaan melalui berbagai peluang kemitraan,” kata Jubi.
Perluas jaringan
Davy melanjutkan, pengembangan produk baru perusahaannya akan sejalan dengan perluasan jaringan. Oleh karena itu, MRI membuka tiga toko atau outlet baru, yakni dua di Tangerang Selatan dan satu di Makassar.
Sebelumnya MRI telah membuka tiga outlet Renault di Pluit dan Pecenongan, Jakarta, serta di Serpong, Tangerang Selatan. MRI berencana membuka 20 outlet serupa pada 2019. Hingga akhir 2021, MRI akan membuka 40 outlet.
”Target penjualan tahun ini kira-kira 200-300 persen dari penjualan Koleos sebelumnya. Selama dua tahun terakhir, yakni 2017-2018, kami menjual sekitar lima unit mobil dalam sebulan,” kata Davy. (SKA)