Produsen perabot elektronik rumah tangga AQUA Japan memperluas target pasar dengan membidik masyarakat menengah ke atas. Langkah ini dilakukan dengan menerapkan teknologi baru ke sejumlah perabot.
Oleh
SEKAR GANDHAWANGI
·2 menit baca
JAKARTA, KOMPAS – Produsen perabot elektronik rumah tangga AQUA Japan memperluas target pasar dengan membidik masyarakat menengah ke atas. Langkah ini dilakukan dengan menerapkan teknologi baru ke sejumlah perabot.
Presiden Direktur AQUA Japan Indonesia Kenji Sadayuki mengatakan, ia akan mengeluarkan produk model terbaru sebanyak 55 SKU (stock keeping unit). “Secara total, akan ada 168 SKU atau 98 seri produk kami yang akan bersaing di pasar. Kami yakin bisa menuai hasil positif pada target sales tahun ini dengan produk inovatif,” kata Sadayuki di Jakarta, Rabu (24/7/2019).
Selain mengeluarkan produk baru, AQUA Japan juga menerapkan teknologi baru pada sejumlah perabot, yakni pendingin ruangan dan kulkas. Teknologi pada pendingin ruangan diklaim ramah lingkungan dan bisa menghemat listrik hingga 63 persen.
Sementara itu, teknologi pada kulkas memungkinkan para penggunanya untuk mengatur suhu pada ruang pembeku. Teknologi ini memungkinkan ruang pembeku berfungsi seperti ruang pendingin dengan suhu yang sama.
Secara khusus, AQUA Japan membidik pasar keluarga kecil sebagai target yang berusia 25-35 tahun. “Masing-masing keluarga memiliki karakteristik yang berbeda-beda, ada yang hobi bermain bersama di alam, memasak bersama, hingga yang senang beristirahat di rumah saat akhir pekan. Oleh sebab itu, kami membuat produk yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka,” kata Glenn Manengkei Head of Marketing Department AQUA Japan Indonesia.
Di sisi lain, Executive General Manager Sales Division AQUA Japan Indonesia Fajar Surya mengatakan, selain di Pulau Jawa, pemasaran produk akan diperluas. Produk akan dipasarkan pula di Pulau Sumatra, Sulawesi, dan Kalimantan.
Perluasan target pasar ke penduduk menengah ke atas dinilai menuai hasil positif. Pada kuartal pertama 2019, AQUA Japan mencatat peningkatan angka penjualan produk sebesar 29,4 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Pada 2018, target penjualan tercatat tumbuh sebesar 28 persen.
Tahun ini, AQUA Japan menargetkan peningkatan angka penjualan sebesar 28 persen secara keseluruhan. Sementara itu, target penjualan produk menengah ke atas atau Mid-high pada 2019 ialah 32,8 persen.
“Pertumbuhan pasar produk elektronik Indonesia pada kuartal pertama 2019 meningkat 5,2 persen. Kami berharap ini jadi awal yang baik untuk pertumbuhan pasar yang positif selama 2019,” kata Sadayuki.