Pameran Berbagai Teknologi Honda dalam Honda Fastival 2
Honda kembali memamerkan keunggulan teknologi mobil berkarakter kecepatan tinggi atau lebih akrab disebut turbo pada Honda Fastival 2 di JI Expo Kemayoran, Jakarta
JAKARTA, KOMPAS – Honda kembali memamerkan keunggulan teknologi mobil berkarakter kecepatan tinggi atau lebih akrab disebut turbo pada Honda Fastival 2 di JI Expo Kemayoran, Jakarta. Pada ajang itu, Honda juga memamerkan berbagai variasi teknologinya, termasuk teknologi keselamatan berkendara dan mengajak para pengguna Honda untuk menikmati kehadiran teknologi Honda di Indonesia.
“Inilah apresiasi kami bagi para pecinta dan komunitas Honda yang merupakan konsumen loyal kami. Para fans ini merupakan bagian penting dari keluarga Honda yang telah berkontribusi besar terhadap semua pencapaian Honda di Indonesia,” kata Takehiro Watanabe, Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor (HPM), pada pembukaan Honda Fastival 2, Minggu (24/11/2019).
Acara ini diramaikan oleh lebih dari 3.000 mobil Honda dari 24 komunitas di seluruh Indonesia dan konsumen Honda. Bukan sekedar ajang temu antar-komunitas dan konsumen, Honda Fastival 2 juga diisi berbagai aktivitas meliputi yang dapat diikuti pengunjungnya. Mulai dari balap, modifikasi, aktivitas sosial, pentas musik, hingga berbagai hiburan untuk keluarga.
“Acara Honda Fastival dirancang sesuai dengan karakter mobil Honda yang sporty, sangat stylish untuk dimodifikasi, dan memiliki karakter khas yang tak lekang jaman. Kami bangga dan berterima kasih atas dukungan dari semua komunitas Honda yang telah kembali memungkinkan terwujudnya acara komunitas terbesar di Indonesia ini,” kata Yusak Billy, Business Innovation, Marketing and Sales Director HPM.
Honda juga kembali mengampanyekan keselamatan berkendara melalui simulator Honda Sensing. Teknologi ini menampilkan simulasi berkendara dengan teknologi keselamatan canggih melalui kacamata virtual reality (VR), serta Honda Sensing test drive. Pengunjung dapat melihat langsung cara kerja dari fitur Honda Sensing dengan menggunakan All New Honda Accord.
Arena Luar dan Dalam
Honda menyulap area luar ruang menjadi arena balap Gokart, slalom hingga time attack yang dapat dicoba oleh seluruh pengunjung untuk membuktikan kemampuan mengemudi hingga mengadu performa mobil mereka. Dalam kompetisi time attack, setiap peserta akan beradu kecepatan di trek lurus sejauh 100 m untuk memperebutkan gelar juara di tiga kategori waktu yang tersedia, yakni bracket time di bawah 6 detik, 6-8 detik dan di atas 8 detik.
Pada kompetisi Slalom, para peserta juga menunjukkan kemampuannya bermanuver dalam waktu singkat dalam lima kategori waktu, yaitu bracket time Super Honda (di bawah 22 detik), 22 detik, 24 detik, 26 detik dan 28 detik. Tak hanya itu, untuk pengunjung yang baru pertama kali ingin mencoba balapan juga dapat mengikuti kompetisi Gokart untuk bersaing meraih lap time terbaik. Seluruh pemenang kontes berkesempatan mendapatkan hadiah total puluhan juta rupiah.
Sementara pada area dalam, Honda menampilkan jajaran mobil maskot dari setiap komunitas mobil Honda yang berpartisipasi. Yang menarik, ada pula tampilan sepuluh generasi dari Honda Civic di area “The Wonder of Civic” dan dan Honda Accord dalam “The Legacy of Accord”.
Untuk seluruh pengunjung tersedia berbagai kontes menarik, di antaranya, simulator F1. Peserta berlomba untuk meraih catatan waktu terbaik di permainan simulator, Custom Diecast Contest, serta Diecast Race Contest. Terdapat pula area Transcooter Experience, pengunjung dapat langsung mencoba teknologi skuter praktis dari Honda untuk mobilitas jarak dekat.
Duta Honda
Berbeda dengan kemeriahan Honda Day setahun lalu, kali ini HPM semakin menegaskan perlunya duta-duta Honda. Komunitas menjadi perpanjangan tangan HPM dalam meraih feedback baik produk maupun jasa layanan purnajual, tetapi juga menjadi “juru bicara” loyal dan paling ampuh dalam menjaga kualitas produk.
HPM menggelar pelatihan singkat mengenai jurnalistik dan pembuatan konten kreatif bagi 24 perwakilan komunitas Honda. Selain menghadirkan beberapa jurnalis otomotif Indonesia sebagai narasumber, sesi pelatihan ini juga dihadiri oleh content creator asal Amerika Serikat, Honda ProJason.
Dalam acara ini, Honda ProJason yang memiliki nama asli Jason D Richmond berbagi pengalamannya mengunjungi berbagai acara Honda di berbagai negara, dan membuat konten kreatif serta mempublikasikannya melalui media sosial.
Pria kelahiran kota Illinois tersebut pertama kali memulai karirnya sebagai sales di dealer Honda Schaumburg pada tahun 1996 hingga meraih jabatan terakhirnya sebagai Manager of the Social Media Department. Memasuki tahun 2015, Jason memulai debutnya sebagai content creator yang khusus mengulas produk-produk Honda pada kanal Youtube HondaPro Jason dan diikuti oleh lebih dari 145.000 subscribers.
Jason mengatakan, “Berkat mengeksplori berbagai teknologi yang dimiliki mobil-mobil Honda, saya bisa berkeliling dunia. Berbagi pengetahuan tentang teknologi Honda ternyata merupakan passion yang sudah dimiliki sejak kecil.”
Jason yang sehari-hari menggunakan Civic Type R mengakui, secara teknologi, Honda memiliki teknologi safety yang sangat baik di kelasnya. Honda memiliki standar kualitas keselamatan berkualitas di seluruh dunia.
Bagi Jason, konsep kreasi yang disampaikan dalam media sosialnya menunjukkan secara tegas kultur dan karakteristik Honda. Sebagai industri otomotif, Honda berupaya menyesuaikan kebutuhan dan karakter konsumennya, seperti karakter yang menghendaki teknologi kecepatan atau turbo.
Pada sesi workshop Honda Fastival 2, para anggota komunitas Honda juga diberikan pengetahuan mengenai cara menulis berita, menjalin hubungan dengan media, serta membuat foto dan video yang baik untuk media cetak dan media sosial.
Yulian Karfili, Public Relations and Digital Manager HPM mengatakan, “Komunitas Honda merupakan komunitas yang sangat aktif dan banyak melakukan kegiatan sosial yang berguna bagi masyarakat. Sebagai bagian dari keluarga Honda, kami juga ingin melengkapi pengetahuan mereka di bidang jurnalistik dan pembuatan konten kreatif, sehingga berbagai aktivitas yang mereka lakukan dapat lebih banyak dilihat oleh masyarakat melalui media massa maupun media sosial.”
Honda Fastival 2 juga semakin meriah dengan hadanya penampilan dari band NOAH, Anji X Drive, Yefta dan Teman Tidur yang merupakan pemenang dari kontes Brio Music Project, serta The Kangkungs yang beranggotakan para jurnalis media otomotif. Selain itu, acara ini juga dihadiri Honda ProJason, salah satu content creator asal Amerika, yang terkenal dengan liputan dan video mengenai produk dan aktivitas Honda di berbagai negara. Di acara ini, Honda juga menawarkan berbagai aksesoris asli untuk berbagai model Honda dengan harga khusus.
Penghargaan
Honda juga memberikan penghargaan kepada dua konsumen loyal pemilik generasi pertama Honda Accord dan Honda Civic. Penghargaan tersebut diberikan bagi mobil milik komunitas yang memiliki nilai tertinggi dari faktor kondisi, orisinalitas dan usia yang ditampilkan pada ajang Honda Fastival.
Penghargaan “The Best Accord Legacy” diberikan kepada mobil milik Bondan Prihandoko, sementara penghargaan “The Best Wonder of Civic” diraih oleh mobil milik Ignatius Julius Situmorang. Kedua mobil tersebut memiliki tingkat orisinalitas tertinggi, usia penggunaan terlama dan kondisi mobil yang masih baik. Selain itu, kedua mobil tersebut juga memiliki catatan perawatan berkala yang cukup lengkap di bengkel resmi Honda.
Bondan Prihandoko mengatakan, Honda Accord menjadi pilihannya sejak lama, karena faktor kenyamanan dan handling yang baik, “Dari awal saya selalu pakai Honda, karena sudah tahu bagaimana kenyamanannya. Honda Accord juga memiliki handling yang gampang untuk dikendalikan sehingga menyenangkan saat dikendarai untuk mendukung aktivitas sehari-hari maupun touring bersama komunitas.”
Sementara itu, Ignatius Julius Situmorang mengatakan bahwa ia memilih Honda Civic generasi pertama, karena bodinya yang mungil dan simpel, kapasitas mesin besar, interior enak dilihat, nyaman, serta terlihat sangat eksklusif. Sebab, sudah jarang yang memiliki mobil Honda tipe ini.
Kurangi Polusi
Dalam rangka mengurangi polusi udara dan menghijaukan Kota Jakarta, sebanyak 24 komunitas mobil Honda dari seluruh Indonesia menyumbangkan lebih dari 2.500 buah tanaman Lidah Mertua (Sansevieria) kepada Dinas Kehutanan Provinsi DKI Jakarta.
Penyerahan tersebut dilakukan secara simbolik oleh perwakilan komunitas Honda kepada Yati Sudiharti selaku Kepala Unit Pengelola Pengembangan Tanaman Perkotaan Dinas Kehutanan Provinsi DKI Jakarta. Tanaman tersebut akan ditanam di beberapa fasilitas umum untuk menciptakan lingkungan yang lebih sejuk sekaligus mengurangi polusi udara di Ibu Kota Jakarta.
Tanaman Lidah Mertua dikenal mampu menyerap 107 polutan udara, serta menjadi salah satu tanaman hias yang paling banyak menghasilkan oksigen. Lidah Mertua juga memiliki kemampuan untuk menyerap beragam racun, mulai dari karbon monoksida (CO), benzena, formaldehyde, xylene, hingga toluene yang dikenal dapat menyebabkan kanker sehingga udara disekitarnya menjadi lebih sehat dan segar.
Yusak Billy sebagai Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, “Kegiatan sosial ini merupakan inisiatif dari seluruh komunitas mobil Honda, yang kami harap dapat menjadi inspirasi bagi yang lainnya untuk membuat kegiatan serupa dan menciptakan lingkungan dengan udara yang lebih segar di Kota Jakarta.”