Honda Berharap Peserta Kontes Modifikasi Virtual Brio Semakin Banyak
Mumpung masih diajak tinggal #dirumahaja, para pencinta Honda Brio dan modifikasi bisa memilih ikutan kontes kreativitas modifikasi virtual Honda Brio yang digelar untuk ketiga kalinya.
Oleh
Stefanus Osa Triyatna
·2 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Mumpung masih tinggal di rumah saja, ada baiknya para pencinta Honda Brio ikutan modifikasi virtual Honda Brio. Mumpung ajang Brio Virtual Modification secara resmi diselenggarakan kembali oleh PT Honda Prospect Motor.
Ajang karya kreatif yang dilombakan dalam kontes Brio Virtual Modification ke-3 ini diungkapkan dalam konferensi pers secara virtual di Jakarta, Selasa (12/5/2020). Lomba ini dibuka untuk umum mulai 12 Mei hingga 31 Juli 2020. Dengan memperebutkan hadiah total sebesar Rp 60 juta, pemenang kontes ini akan diumumkan pada 29 Agustus 2020. Seperti penyelenggaraan sebelumnya, HPM juga menggandeng National Modification and Aftermarket Association (NMAA).
Yulian Karfili, Manajer PR dan Digital PT Honda Prospect Motor (HPM), mengatakan, tema penyelenggaraan kali ini adalah ”Racing Garage”. Tema ini diangkat karena sesuai karakter Honda Brio yang lincah dan sporty.
Seiring slogan Honda #parkirdirumahaja, peserta kontes modifikasi virtual ini ditargetkan lebih tinggi dari penyelenggaran dua tahun sebelumnya. Tahun 2018, jumlah karya yang terkumpul mencapai lebih dari 500 desain. Kemudian, tahun 2019 mencapai lebih dari 600 desain. Diharapkan, waktu luang yang lebih besar di tengah PSBB saat ini dapat menghasilkan peserta lebih banyak lagi, sekaligus jumlah karya kreatif yang ditargetkan lebih dari 700 desain.
”Sejak awal kontes ini digelar, Honda ingin menunjukkan kontes digital sebagai ruang kebebasan. Kreativitas ide bisa tumbuh bebas, tanpa harus memikirkan apakah desainer harus memiliki mobilnya terlebih dahulu?” ujar Karfili.
Inilah ajang bagi para modifikator menuangkan bakat kreativitas meski tetap dilakukan di rumah. Adhi Parama Sugarda, Communication Strategy Manager HPM, mengharapkan, masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang belum dapat diprediksi berakhirnya menjadi waktu luang bagi para desainer.
”Semua bisa berkarya kreatif di rumah. Kami optimistis bisa mencapai target karya kreatif lebih banyak lagi. Waktu yang luang di masa pandemi ini bisa menghasilkan karya lebih maksimal lagi,” ujar Parama.
Direktur Kreatif NMAA Tomi Gunawan mengatakan, tema ”Racing Garage” sesuai dengan DNA Honda Brio. Tren modfikasi tahun ini tetap mengarah pada desain sporty, tetapi sekaligus tetap tidak kehilangan fungsionalitasnya untuk diwujudkan dalam bentuk nyata.
Dalam penilaiannya, kata Tomi, tim penilai akan melihat pengerjaan detail. Selain itu, desainnya masuk akal untuk diaplikasikan, baik dari sisi body kit maupun kaki-kaki mobilnya. Karya pun harus orisinal. Kalaupun bersifat modifikasi dari internet, mesti ditunjukkan secara metadata.
Melihat besarnya peluang yang dibuka dalam ajang kreatif ini, setiap peserta pun boleh mengumpulkan karya lebih dari satu desain.