All New BMW X6 Meluncur di Tengah Keterbatasan Ruang Gerak
”Ruang gerak” penjualan terbatas. Sebuah adaptasi besar dilakukan BMW Group Indonesia. Masa Covid-19, penjualan disebut tak lagi menjadi hal utama. Kekuatan ”brand” mobil premium menjadi pertaruhan di pasar otomotif.
Oleh
Stefanus Osa Triyatna
·6 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Bagi sebagian pelaku bisnis, pandemi Covid-19 tak boleh menjadi penghalang. Dalam keterbatasan ruang gerak, All New BMW X6 generasi ketigadiluncurkan secara resmi di Jakarta, Jumat (15/5/2020), secara virtual.
Kali ini, dalam keterbatasan ”ruang gerak” pemasaran otomotif memasuki kuartal kedua tahun 2020, All New BMW X6 dengan varian BMW X6 xDrive40i dipasarkan secara sangat terbatas. Hingga akhir tahun 2020, model sport activity coupé ini hanya disediakan sebanyak 10 unit untuk pasar Indonesia. Namun, BMW Group Indonesia tetap membuka peluang kesempatan pembelian bagi para konsumen apabila seluruh unit yang terbatas ini telah habis.
Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia, dalam virtual media launch, menjelaskan, ”Sekitar satu dekade yang lalu, BMW mengambil langkah inovatif untuk memadukan atribut ciri khas dari sports activity vehicle (SAV) dengan DNA dari coupé klasik. Dari sana lah, lahir segmen kendaraan sports activity coupé (SAC).”
BMW X6 adalah mobil pertama dalam segmen baru tersebut. Hingga hari ini, lebih dari 443.000 unit BMW X6 telah terjual di seluruh dunia dalam dua generasi model. Memang, All New X6 ini tidak ditujukan untuk semua orang, tetapi khusus bagi mereka yang siap tampil berbeda dan ekspresif.
Generasi ketiga dari BMW X6 miliki bahasa desain yang minimalis dan eksklusif, menegaskan tampilan yang berwibawa dan penuh percaya diri. Saat diperlihatkan bentuk aslinya di layar monitor, desain X6 baru ini terkesan begitu tegas dan kokoh.
Inovasi canggih disematkan, antara lain pada lampu iconic glow di BMW kidney grille. Selain itu, paket BMW M Sport memberikan tampilan berbeda dan mencolok di bumper dan velgnya. All New X6 juga mengusung teknologi suspensi dan sasis baru.
Jodie O’tania, Director of Communications BMW Group Indonesia, mengakui, pandemi Covid-19 menjadi tantangan tersendiri. Butuh perubahan pola pikirkonsumen dalam memandang dan mengenal sebuah produk baru, sekaligus perubahan pola pikir di internal BMW. Daya kreativitas terus dikembangkan oleh BMW Group Indonesia.
”Bagi BMW saat ini, penjualan bukanlah menjadi tujuan utama. Yang terpenting saat ini adalah bagaimana BMW menghadirkan komunikasi yang tetap intensif dengan berbagai pendekatan kepada pelanggan,” ujar Jodie.
Lini lengkap
Kehadiran All New X6 juga menjadi momen menarik karena untuk pertama kalinya BMW Group Indonesia miliki lini produk lengkap dari jajaran BMW X untuk seluruh pelanggan di Indonesia. Rangkaian kendaraan SAV dari BMW di meliputi X1, X2, X3, X4, X5, X7, dan kini X6.
Pada kuartal pertama tahun 2020, penjualan semua model BMW X meningkat 24 persen dibandingkan dengan hasil tahun lalu pada periode yang sama. Dengan penawaran yang lengkap sebagai bagian dari kampanye Choose Your X, serta komunikasi digital dengan pelanggan yang semakin luas, BMW Group berharap dapat mempertahankan posisinya di segmen premium di tengah pandemi Covid-19.
Vice President of Sales BMW Group Indonesia Bayu Riyanto mengatakan, jumlah terbatas X6 hingga akhir tahun 2020 ini memang hanya 10 unit. Namun, sama seperti dilakukan selama beberapa bulan ini, BMW telah bekerja sama dengan Tokopedia dalam memenuhi kebutuhan pelanggannya. Oleh sebab itu, pre-order tetap dapat dilakukan apabila kuota unit yang tersedia telah habis.
Menurut Bayu, penjualan BMW secara daring pada bulan April lalu menyumbang sebesar 10-15 persen dari penjualan keseluruhan BMW. Tidak bisa dibilang besar atau kecil karena model penjualan ini merupakan buah adaptasi dengan situasi work from home dan social distancing.
Tampilan eksterior
Secara kasatmata yang ditunjukkan dalam bentuk virtual, tanpa dapat memandang dari dekat maupun meraba guratan desainnya, BMW X6 ini memiliki panjang 4.935 mm atau bertambah panjang 26 mm dibandingkan generasi sebelumnya. Lebarnya pun kini bertambah 15 mm menjadi 2.004 mm. Namun, dari sisi tingginya, The New X6 lebih rendah 6 mm atau menjadi 1.696 mm.
Bodi kendaraan disempurnakan lagi dengan track depan yang menjadi 1.684 mm atau lebih lebar 44 mm. Jarak sumbu roda (wheelbase) SAC ini ditingkatkan sebesar 42 mm menjadi 2.975 mm. Kendaraan baru ini juga memiliki pusat gravitasi yang lebih rendah dari pendahulunya sehingga bakal memperlihatkan kelincahan dan pengendalian yang presisi. Suspensi udara adaptif di poros depan dan belakang juga meningkatkan fleksibilitas X6 baru ini dalam memastikan sheer driving pleasure baik di medan on-road maupun off-road.
BMW kidney grille satu-bingkai yang besar adalah fitur paling mencolok di bagian depan kendaraan. Tepi luar gril khas ini menyatu dengan lampu depan All New BMW X6 ini tersedia untuk pertama kalinya dengan BMW kidney grille yang bercahaya, menambah tampilan eksklusif pada bagian eksterior.
Lampu depan kembar yang khas melebar hingga ke BMW kidney grille mempertegas kekuatan dan lebar mobil. All New BMW X6 hadir dengan fitur BMW Laserlight sebagai standar..
Bagian samping mengesankan siluet karakter yang tajam dan garis atap yang mengalir dinamis. Lubang udara dalam warna bodinya berpadu dengan lengkungan roda yang mencolok untuk menggarisbawahi penampilan eksterior yang dinamis. Bagian belakang All New BMW X6 memiliki siluet yang atletis dengan bahu yang maskulin, makin diperkuat oleh lampu belakang LED berbentuk L yang lebar.
BMW X6 xDrive40i M Sport baru dilengkapi dengan velg 21-inci M light-alloy Y-spoke style 741 M Bicolour sebagai standar. Kendaraan ini juga dilengkapi dengan rem BMW M Sport dengan kaliper empat piston di gandar depan dan kaliper satu piston di bagian belakang, sedangkan kaliper yang dicat biru diembos dengan logo BMW M memberikan tampilan sporty.
Interior eksklusif
Interior mobil ini pun telah disesuaikan untuk menjamin pengalaman berkendara yang eksklusif dan dinamis. Sama seperti sejumlah seri X lainnya, The New X6 menggunakan jok kulit Vernasca sebagai standar.
Kapasitas ruang bagasi standar 580 liter bisa diperluas menjadi 1.530 liter dengan melipat bangku belakang. Fitur lainnya termasuk kontrol iklim otomatis, tempat cangkir termoelektrik, Apple CarPlay nirkabel, Parking Assitant termasuk Reversing Assistant, dan atap kaca panoramik yang lebih besar 83 persen dibandingkan pendahulunya. Tak ketinggalan, sistem audio Harman/Kardon Surround System 16 speakers, 464 W.
Teknologi mesin
BMW X6 xDrive40i M Sport baru dilengkapi dengan teknologi BMW TwinPower Turbo dengan dua turbocharger twin-scroll. Tenaga yang dihasilkan mencapai maksimum 340 hp pada putaran 5.500-6.500 rpm dan torsi maksimum 450 Nm mulai dari 1.500 rpm.
Keluaran tenaga ini didistribusikan oleh transmisi Steptronic delapan-percepatan dan sistem penggerak empat roda (all wheel drive) xDrive sehingga The New X6 dapat melesat dari 0-100km/jam hanya dalam 5,5 detik.
Bahasa desain yang tegas dan ekspresif dari BMW X6 generasi ketiga menggarisbawahi penampilannya yang penuh wibawa, kokoh, dan penuh percaya diri. Tak heran, target pasar yang dituju BMW adalah kalangan usia 40 tahun ke atas.
Sebagai catatan pula, BMW X6 diproduksi di pabrik BMW di Spartanburg, South Carolina, Amerika Serikat. Pabrik yang ahli memproduksi rangkaian kendaraan BMW X ini juga sukses melahirkan BMW X3, BMW X4, BMW X5, dan BMW X7. BMW X6 xDrive40i M Sport ini dibanderol seharga Rp 1,899 miliar (off-the-road).