Adaptasi Kebiasaan Baru bagi Pelanggan Diperkenalkan BMW Astra
Perubahan pelayanan BMW Astra tak terhindarkan. Pelanggan membutuhkan kepastian keamanan dan kenyamanan dari penyebaran Covid-19, sementara karyawan juga perlu dilindungi. Adaptasi kebiasaan baru pun diperkenalkan.
Oleh
Stefanus Osa Triyatna
·3 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Pandemi Covid-19 menggugah BMW Astra membenahi layanan jasa servis ataupun layanan pembelian, termasuk permintaan uji kendara bagi para calon konsumen. Dua standar kebiasaan baru dibangun, baik di ruang pamer mobil maupun dalam layanan servis mobil di rumah ataupun kantor.
Mulai awal pekan ini, BMW Astra secara resmi meluncurkan standar layanan baru tersebut. Langkah itu sejalan dengan standar kesehatan untuk mengajak para pelanggan beradaptasi kebiasaan baru selama pandemi Covid-19.
Peresmian adaptasi layanan baru itu dihadiri CEO BMW Astra Fredy Handjaja, Operation Manager BMW Astra Teguh Widodo, Marketing Manager BMW Astra Martha Andhyka, dan Manajer Layanan Purnajual BMW Astra Budi Kurniawan di empat tempat berbeda (BMW Astra Sunter, BMW Astra Cilandak, BMW Astra Pluit, dan BMW Astra Serpong) di seputar Jakarta, akhir pekan lalu, dengan melakukan siaran langsung melalui kanal Youtube.
”Sekarang ini, orang ketemu orang lain sudah sulit. Karena itulah, BMW Astra ingin membangun adaptasi baru. Pembenahan SOP layanan staf karyawan BMW Astra sehingga pelanggan tidak perlu merasa waswas,” kata Fredy Handjaja.
Dia mengatakan, kini semua orang sedang belajar untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru untuk bersama-sama melewati pandemi ini. Untuk itu, BMW Astra meluncurkan standar layanan baru yang sesuai dengan protokol kesehatan. Untuk memberikan kenyamanan kepada pelanggan, BMW Astra menyediakan layanan yang dapat dilakukan di dealer, rumah, maupun kantor pelanggan.
Hal yang diterapkan di BMW Astra antara lain pengukuran suhu tubuh untuk pengunjung dan staf, pengisian buku tamu menggunakan ponsel pelanggan melalui QR code, penyediaan cairan pembersih tangan, penerapan jaga jarak fisik, penggunaan sinar UV untuk sterilisasi berbagai peralatan, penerapan self-service di ruang tunggu, pembersihan fasilitas showroom setiap empat jam, dan penggantian masker para staf setiap empat jam.
Disinfektan dan segel
Setiap mobil yang akan diberikan kepada pelanggan saat serah terima dibersihkan menggunakan cairan disinfektan dan kemudian disegel. ”Disinfektan yang kami gunakan juga aman bagi kesehatan karena berstandar food grade,” ujar Fredy.
Begitu uniknya, sampai kunci mobil pelanggan yang mobilnya sudah diservis akan dikembalikan dalam sebuah kotak khusus dan disegel. Begitu pula pintu-pintu kendaraannya saat diserahterimakan kepada pemilknya.
”Layanan ini untuk memastikan hanya pelanggan atau pemilik yang masuk pertama kali ke dalam kabin kendaraannya. Begitu pula, saat penyerahan kunci, kotak khusus kunci pun akan disegel,” kata Fredy.
Hal itu pun dilakukan saat pembayaran dengan menggunakan kartu kredit atau kartu debit. Kasir akan mensterilkan kartu sebelum digesek saat proses pembayaran. Dan, saat kartu pembayaran itu dikembalikan kepada pelanggan, BMW Astra memastikan proses sterilisasi akan lebih dulu dilakukan.
Selain pelayanan di dealer, BMW Astra juga memberikan berbagai layanan di rumah maupun kantor pelanggan. Sales, appraisal, dan mekanik BMW Astra yang mengunjungi rumah atau kantor pelanggan telah dilengkapi dengan care kit yang berisikan pembersih tangan, tisu beralkohol, cairan sanitizer, lap, dan cairan pembersih yang digunakan sebelum dan sesudah pelanggan melakukan test drive atau proses perbaikan kendaraan.
Bagi pelanggan servis di bengkel, untuk berkonsultasi dengan penasihat servis, pelanggan dapat melihat status kendaraan di layar khusus supaya dapat tetap menjaga jarak fisik. Bagi yang ingin mendapatkan penjelasan tentang penggunaan fitur pada mobil yang dibeli, pelanggan dapat mempelajarinya dengan nyaman melalui video penjelasan oleh product genius BMW Astra yang dapat dibuka cukup dengan memindai QR code melalui ponsel.
”Tidak hanya dengan bahan yang aman untuk kesehatan serta pemanfaatan teknologi untuk memberikan peace of mind kepada seluruh stakeholder, BMW Astra juga secara rutin melakukan rapid test kepada seluruh tim front-line dan back office serta membekalinya dengan vitamin untuk memastikan kondisi seluruh tim BMW Astra dalam kondisi prima,” ujar Fredy.
Bahkan, ruang tunggu pelanggan pun dipastikan steril. Proses yang dilakukan terhadap peralatan di ruang tunggu mulai dari penyemprotan uap (steam) pembersih, penerapan ozon, hingga sinar ultraviolet. (*/OSA)