WWW.APPLE.COM

iPhone Xs Max dan iPhone Xs.

CALIFORNIA, KOMPAS – Apple memperkenalkan ponsel pintar terbesarnya, iPhone Xs Max, dengan ukuran layar sebesar 6,5 inci, Rabu (12/9/2018). Telpon seluler yang ukurannya dua kali lebih besar dibanding iPhone pertama yang diluncurkan pada 2007 itu dijual mulai 1.099 Dolar AS dan pre-order dimulai Jumat besok (14/9/2018), di lebih dari 30 negara. Belum ada tanggal peluncuran untuk Indonesia.

“iPhone Xs Max menawarkan layar terbesar dibanding model iPhone lainnya dan disertai dengan kapasitas baterai paling kuat. Baterai ponsel ini mampu bertahan hingga sejam setengah lebih lama,” kata Philip Schiller, Senior Vice President of Worldwide Marketing Apple, Rabu, dalam keterangan persnya.

Pengumuman iPhone Xs Max didampingi dengan versi kecilnya, iPhone Xs, dengan ukuran sebesar 5,8 inci. Kedua ponsel itu tersedia dalam tiga konfigurasi memori, yaitu 64, 256, dan 512 gigabyte.

WWW.APPLE.COM

iPhone Xs Max merupakan ponsel pintar dengan ukuran paling besar oleh Apple.

“iPhone Xs dan Xs Max didukung dengan bionic chip A12 pertama dengan ukuran tujuh nanometer dan kapasitas 8-core neural engine, identifikasi wajah yang lebih cepat, dan dua lensa kamera yang canggih,” lanjut Philip.

Selain kedua ponsel itu, Apple juga memperkenalkan iPhone XR, ponsel pintar termurahnya yang dijual mulai 749 Dolar AS, dan Apple Watch Series 4 yang ukuran layarnya 30 persen lebih besar dibanding seri sebelumnya.

Apple dan Samsung

Ukuran iPhone Xs Max sedikit lebih besar dibanding ukuran Samsung Galaxy Note 9 sebesar 6,4 inci yang diluncurkan pada Agustus 2018. Dalam laporan Nate Lanxon, jurnalis Bloomberg, Kamis (13/9/2018), iPhone Xs Max sekitar 13 persen lebih tipis dibanding Samsung Galaxy Note 9. Namun, Samsung Galaxy Note sekitar tujuh gram lebih ringan, dan didukung dengan stylus S-Pen yang kini dihadiri dengan teknologi bluetooth.

Kedua layar ponsel premium itu didukung dengan teknologi OLED yang menghasilkan gambar layar dengan tingkat kontras dan warna hitam yang lebih tinggi. Keduanya juga menghadirkan dua lensa kamera di bagian belakang dengan resolusi sebesar 12 megapiksel.

WWW.APPLE.COM

Apple iPhone Xs dan Xs Max hadir dalam tiga warna, yaitu emas, perak, dan abu-abu.

Dari segi daya kecepatan dan komputasi prosesor, bagi Nate, perbedaan antara iPhone Xs Max an Samsung Galaxy Note 9 bisa dibilang hampir tidak terasa untuk sebagian besar pengguna umum.

“iPhone Xs Max lebih tipis dan fokus mengembangkan perangkat lunak (software) serta perangkat kerasnya (hardware). Ini mungkin lebih menarik untuk pengguna umum atau perusahaan. Sementara itu, Samsung Galaxy Note 9 fokus mengembangkan fitur produktivitasnya. Ponsel itu didukung dengan stylus S-Pen dan dapat dihubungkan ke monitor. Pengguna produktif dapat menggunakan ponsel itu seperti komputer,” tutur Nate.