Perusahaan Perlu Adakan Latihan Kebencanaan Internal
Oleh
Ayu Sulistyowati
·2 menit baca
GIANYAR, KOMPAS — Perusahaan perlu memperkuat latihan kebencanaan guna memperkuat kapasitasnya ketika menghadapi bencana yang sesungguhnya. Hal ini penting guna mengurangi risiko korban jiwa hingga risiko kerugian secara ekonomi sehingga semua bisa selamat serta terhindar dari bahaya.
Latihan kebencanaan pun penting dijadwalkan secara berkala setidaknya setiap bulan atau setahun sekali. Latihan tersebut melibatkan semua karyawan dan mengevaluasi apa hal yang kurang selama pelatihan.
Karena itu, unit-unit perusahaan yang tergabung dibawah payung Kompas Gramedia (KG) di Bali menggelar latihan Sigap Bencana bersama puluhan karyawannya.
”Bencana alam yang terjadi belakangan menyadarkan kita semua untuk selalu siaga menghadapi bencana. Maka, kuncinya ya harus paham dan terus berlatih sigap bencana,” kata Ketua Pengendalian Krisis KG di Bali Bambang Calistus di Bentara Budaya Bali, Ketewel, Kabupaten Gianyar, Kamis (8/11/2018).
Bambang pun mengajak semua unit KG waspada melalui pelatihan pengendalian krisis sigap bencana. Pelatihan digelar dua hari mulai Rabu (7/11/2018) hingga Kamis dengan diikuti lebih dari 50 orang perwakilan karyawan dari 23 unit KG yang ada di Bali.
Komandan Komando Pengendalian Krisis KG, Kiraman Sinambela, yang juga sebagai fasilitator, menjelaskan bagaimana menghadapi bencana baik internal kantor maupun eksternal. Bencana alam yang dilatihkannya ketika mengalami gempa bumi dan kebakaran. Ia mengajak untuk peduli lingkungan kantor agar kewaspadaan terus terjaga setiap hari.
Bencana dibagi menjadi tiga, yaitu bencana alam, bancana non-alam, dan bencana sosial. Kiraman menyinggung tren bencana sosial yang tengah berkembang belakangan terkait situasi politik dan kegemaran orang bermedia sosial.
”Sebaiknya semua karyawan tetap berhati-hati menyikapi isu-isu hingga menggunakan media sosial karena itu dapat menjadi ancaman bencana sosial yang juga fatal. Karena itu, semua karyawan perlu mewaspadai dan menanyakan atau mengonfirmasi dulu ketika mendapatkan informasi terkait kantor,” kata Kiraman.
Unit KG di Bali pun beragam dari percetakan, kargo, hingga perhotelan. Perhotelan ini juga perlu meningkatkan kesiapsiagaan karena menghadapi tamu yang tengah menginap.
”Maka menjadi penting untuk memanajemen kapasitas karyawan guna meningkatkan kesigapan menghadapi bencana apa pun itu,” kata Bambang.
Deputi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB Wisnu Widjaja berharap semua perusahaan berpartisipasi dalam kegiatan hari kesiapsiagaan bencana tiap 26 April. Perusahaan, katanya, salah satu komponen penting dalam menyiapkan kesiapsiagaan hadapi bencana yang setiap saat dan kapan saja bisa terjadi.
Editor:
Bagikan
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
Tlp.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.