logo Kompas.id
HumanioraCakupan Pelanggan PDAM Masih...
Iklan

Cakupan Pelanggan PDAM Masih Sedikit

Lebih dari 70 tahun Indonesia merdeka, baru 20 persen warga Indonesia yang mendapatkan akses air bersih melalui sistem perpipaan. Perlu langkah berani untuk mengatasi persoalan itu dan kemauan mengalokasikan dana.

Oleh
Nina Susilo
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/cPgg-PEygO6wZ6VA-qrDLeu5SRI=/1024x684/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F10%2F20191004WEN7_1570164470.jpg
KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA

Petugas dari PDAM Tirta Moedal membuka pintu tempat tandon air peninggalan Belanda di Reservoir Siranda, Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (4/10/2019). Reservoir Siranda menjadi bagian penting dalam jejak sejarah pertempuran selama lima hari di Semarang antara pejuang Indonesia dan tentara Jepang pada 15-19 Oktober 1945.

JAKARTA, KOMPAS — Lebih dari 70 tahun Indonesia merdeka, baru 20 persen warga Indonesia yang mendapatkan akses air bersih melalui sistem perpipaan. Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia berharap pemerintah kabupaten/kota berkomitmen mengalokasikan anggaran untuk mengatasi hal ini.

Beberapa pengurus Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) melaporkan hal ini kepada Wakil Presiden Ma’ruf Amin di Istana Wapres, Jakarta, Senin (9/3/2020) siang. Hadir antara lain Wakil Ketua Perpamsi Achmad Zaini, Haidir Effendi, Zein Musta’in, dan Novizal Aiyub.

Editor:
suhartono
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000