logo Kompas.id
HumanioraPelaporan Kekerasan pada...
Iklan

Pelaporan Kekerasan pada Perempuan dan Anak Dipermudah melalui Aplikasi SAPA 129

Kekerasan terhadap perempuan dan anak terus berkembang dengan modus yang canggih. Ketersediaan akses melapor yang cepat dan mudah sangat penting agar para korban bisa diselamatkan dan dilindungi dari kekerasan.

Oleh
SONYA HELLEN SINOMBOR
· 3 menit baca
Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati (ketiga dari kiri) menyaksikan Ketua Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Benny Mamoto mencoba layanan SAPA 129 pada acara Aktivasi Layanan SAPA 129 Terintegrasi di Kantor Kementerian PPPA, Kamis (21/9/2023).
SONYA HELLEN SINOMBOR

Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati (ketiga dari kiri) menyaksikan Ketua Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Benny Mamoto mencoba layanan SAPA 129 pada acara Aktivasi Layanan SAPA 129 Terintegrasi di Kantor Kementerian PPPA, Kamis (21/9/2023).

JAKARTA, KOMPAS — Pemerintah berupaya menghadirkan layanan bagi para perempuan dan anak korban kekerasan agar mereka bisa dengan mudah dan cepat mengadukan dan melaporkan kasus kekerasan yang dialami. Hal ini dilakukan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak atau PPPA dengan meningkatkan layanan Sahabat Perempuan dan Anak atau SAPA 129.

Layanan SAPA 129 yang dihadirkan Kementerian PPPA sejak 2021 merupakan contact center pengaduan khusus perempuan dan anak yang dapat diakses oleh masyarakat kapan pun dan di mana pun. Caranya dengan menghubungi telepon hotline 129 ataupun Whatsapp ke nomor 08111-129-129.

Editor:
ICHWAN SUSANTO
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000