logo Kompas.id
HumanioraKeadilan Layanan Kesehatan...
Iklan

Keadilan Layanan Kesehatan Masih Jadi Pekerjaan Rumah

Tujuan program JKN untuk memastikan akses kesehatan yang bermutu dan merata masih belum terwujud.

Oleh
DEONISIA ARLINTA
· 6 menit baca
Warga menunggu giliran mendapat layanan BPJS Kesehatan di RS Jogja, Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta, Rabu (30/10/2010). BPJS membantu warga mendapat layanan kesehatan yang berkualitas.
FERGANATA INDRA RIATMOKO

Warga menunggu giliran mendapat layanan BPJS Kesehatan di RS Jogja, Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta, Rabu (30/10/2010). BPJS membantu warga mendapat layanan kesehatan yang berkualitas.

JAKARTA, KOMPAS — Perbaikan akses dan keadilan layanan jadi tujuan yang ingin dicapai dari program Jaminan Kesehatan Nasional yang dimulai sejak 1 Januari 2014. Namun, setelah 10 tahun program itu berjalan, ekualitas atau keadilan belum terwujud. Tugas besar itu mesti disadari semua pihak terkait, mulai dari badan penyelenggara jaminan sosial kesehatan, pemerintah, hingga masyarakat.

Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia Dedi Supratman, di Jakarta, Senin (12/2/2024), mengatakan, mutu layanan belum merata di Indonesia jadi salah satu pekerjaan rumah yang belum teratasi dalam pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Padahal, tujuan program itu adalah memastikan semua penduduk memiliki akses kesehatan bermutu dan berkualitas.

Editor:
EVY RACHMAWATI
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000