Agak lama tak terdengar kabar beritanya, tiba-tiba muncul sesuatu yang cukup mengejutkan. Jasa hiburan internet Netflix berhasil menjalin kontrak dengan Barack Obama dan istrinya, Michelle, untuk pembuatan berbagai konten tayangan.
Belum ada penjelasan cukup rinci dari pihak Netflix, pertunjukan seperti apa yang kelak mereka buat dengan mantan orang nomor satu Amerika ini. Direktur Konten Ted Sarandos hanya menyebutkan, pihaknya akan membuat bermacam program, termasuk naskah serial, dokumenter, dan feature. Obama, kata Sarandos, mempunyai posisi khas untuk menemukan dan menyoroti kisah-kisah manusia yang membuat perbedaan dalam masyarakat.
Sumber lain di Netflix menyebutkan, Obama diperkirakan akan ambil bagian dalam program layar lebar. Obama kabarnya akan terlibat produksi konten dan secara pribadi akan tampil dalam pertunjukan-pertunjukan dan melakukan kurasi bagi orang-orang lain.
Belum ada kepastian kapan pemirsa Netflix bisa menyaksikan penampilan Obama dan Michelle. Perkiraan dari pihak Netflix, paling cepat tahun 2019. Netflix yang mempunyai acara bincang-bincang yang dipandu David Letterman, Januari kemarin, mengundang Obama sebagai tamu dalam acara yang bertajuk ”Tamu Saya Berikut Tidak perlu Diperkenalkan”.
Obama diketahui sangat dekat dengan petinggi Netflix, Ted Sarandos. Keduanya sudah mendiskusikan sejumlah program.
Di Indonesia, setidaknya ada 125 pelanggan Netflix. Tahun ini, jaringan hiburan berbasis internet ini menganggarkan dana sebesar 8 miliar dollar AS untuk program.
Kontrak seperti yang dilakukan dengan Obama boleh dikatakan baru pertama kali dilakukan oleh penyedia tayangan mana pun. Mungkin yang agak mirip adalah perjanjian antara mantan Wapres Al Gore dan produsen film dokumenter pemanasan global An Inconvenient Truth yang memenangi Oscar tahun 2007.
Berbagi pengalaman
Obama sendiri mengaku sangat tertarik bekerja sama dengan Netflix. Pengalamannya berkecimpung di pemerintahan dan bertemu dengan banyak orang dirasakan sangat menarik.
”Kegembiraan sederhana kami saat bekerja melayani publik adalah bertemu dengan banyak orang yang menarik dan beragam serta membantu saling berbagi dengan khalayak lebih luas,” kata Obama.
”Itu sebabnya mengapa saya dan Michelle begitu gembira bermitra dengan Netflix. Kami berharap untuk menumbuhkan dan mengurasi suara-suara kreatif yang berbakat, inspiratif, serta mampu mempromosikan empati dan pemahaman yang lebih besar di antara masyarakat.”
Michelle menimpali, ”Barack dan saya selalu yakin akan kekuatan bercerita untuk menginspirasi kita, membuat kita berpikir berbeda tentang dunia sekitar, serta membantu membuka pikiran dan hati bagi orang lain.”
Michelle selama menjadi ibu negara banyak melakukan peran-peran pemberdayaan. Pengalamannya sudah dituangkan dalam bentuk memoar yang akan diluncurkan pada 13 November. Penerbitnya, Penguin Random House, ketika merilis rencana ini Februari lalu menyebut Michelle sebagai ”salah seorang ikon perempuan paling menarik di dunia”.
Kabarnya Obama juga sudah melakukan perjanjian penerbitan buku dengan nilai lebih dari 60 juta dollar AS. Kendati sudah sekitar 1,5 tahun meninggalkan Gedung Putih dan tidak banyak bicara, Obama masih cukup populer. Akun media sosialnya, Twitter dan Instagram, diikuti oleh sekitar 150 juta orang.