Promosi Pariwisata Indonesia dengan Bersepeda di Hamburg
Oleh
ELSA EMIRIA LEBA
·2 menit baca
JAKARTA, KOMPAS -- Indonesia berupaya untuk selalu mempromosikan pariwisata Tanah Air melalui berbagai medium, termasuk perlombaan sepeda.
Duta Besar RI untuk Jerman Arif Havas Oegroseno, mengatakan, tim dari Indonesia bernama Adler Nusantara Cycling Club mengenakan kostum bergambar Candi Borobudur dan Komodo dalam ajang Euroeyes Cyclassics Hamburg 2019. Kedua gambar tersebut merupakan bagian ikon wisata andalan Indonesia.
"Ibarat kata pepatah, sambil menyelam minum air. Keuntungan mengikuti perlombaan ini adalah mendapatkan promosi di jalan dengan biaya murah, selain dari kesehatan tetap terjaga," ujar Oegroseno yang juga turut mengikuti perlombaan tertulis, dalam keterangan yang diterima Kompas di Jakarta, Rabu (28/8/2019).
Euroeyes Cyclassics merupakan perlombaan balap sepeda tahunan untuk peserta profesional dan amatir mengelilingi Hamburg, Jerman. Kompetisi ini telah berlangsung sejak 1996.
Euroeyes Cyclassics kali ini digelar pada 25 Agustus 2019. Sebanyak 19.000 peserta mengikuti perlombaan. Diperkirakan, sekitar 500.000 orang menonton secara langsung.
Kostum tim Indonesia menarik perhatian penonton. Tidak sekedar mengajak berbincang, mereka juga ingin berfoto bersama anggota tim.
Adapun Adler Nusantara Cycling Club antara lain terdiri dari Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Berlin dan PPI Hamburg. Adler dalam bahasa Jerman berarti burung elang yang merepresentasikan burung Garuda Indonesia.
“Pada tahun depan, anggota tim Indonesia harus lebih banyak. Semakin banyak peserta maka semakin banyak yang memakai kaos promosi sehingga dapat menjadi perhatian. Kita akan pikirkan objek wisata apa lagi yang akan kita pamerkan dalam perlombaan tahun 2020,” ucap Oegroseno.