Jejak Lima Tahun Pertama

Statis ·

Enam hari setelah dilantik sebagai presiden ke-7 (26/10/2014), Presiden Joko Widodo mengumumkan 34 menteri yang tergabung dalam Kabinet Kerja. Sejumlah menteri yang dilantik pada awal kabinet tidak dapat mengikuti acara silaturahmi hari terakhir masa tugas Kabinet Kerja karena terkena perombakan, terlibat kasus korupsi, dan mengundurkan diri.

 

Jumlah menteri dalam Kabinet Kerja sama dengan dua kabinet sebelumnya. Tetapi ada perubahan jumlah menteri perempuan sebanyak dua kali lipat, dari empat menjadi delapan menteri perempuan.

Dalam lima tahun masa pemerintahan Presiden Joko Widodo, pembangunan sejumlah infrastruktur menjadi prioritas dengan harapan dapat mempercepat laju pertumbuhan ekonomi di berbagai daerah. Beberapa jenis fasilitas transportasi baru yang belum pernah ada sebelumnya juga coba dibangun agar dapat mempermudah perpindahan orang dan barang.

Sejak akhir 2016, pemerintah melakukan proses negosiasi untuk dapat mengambil alih sebagian besar saham PT Freeport Indonesia. Akhirnya, lebih dari separuh kepemilikan saham di PT Freeport Indonesia dapat dikuasai pemerintah melalui holding industri pertambangan PT Inalum (Persero) pada 21 Desember 2018. Saat ini, PT Freeport Indonesia fokus pada penambangan bawah tanah.

Jumlah utang luar negeri Indonesia pada Juni 2019 sebesar 391,8 miliar dollar AS atau sekitar Rp 5.485,2 triliun (kurs Rp 14.000). Total utang luar negeri ini terbagi atas utang pemerintah dan utang swasta yang masing-masing jumlahnya hampir sama. Data Kementerian Keuangan menunjukkan rasio utang terhadap PDB dan tingkat per kapita di Indonesia masih di bawah Filipina, Thailand, Malaysia, dan Vietnam.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti agresif menangkap kapal penangkap ikan secara ilegal di perairan Indonesia. Penyelesaikan kasus tidak selalu berujung pada penenggelaman kapal, tetapi dapat berupa teguran atau sanksi administratif. Mayoritas lokasi penenggelaman kapal berada di kawasan Sumatera, kemudian diikuti oleh Kalimantan dan Sulawesi.

Presiden Joko Widodo juga memberikan prioritas pembangunan pada fasilitas di batas negara. Instruksi Presiden tahap pertama dikeluarkan untuk mempercepat pembangunan di tujuh titik pos lintas batas negara. Pada tahap kedua akan ada percepatan untuk pembangunan di 11 pos.

Pemerintah Indonesia melakukan pendampingan yang intensif untuk dapat membebaskan Siti Aisyah yang didakwa melakukan pembunuhan menggunakan racun syaraf di Bandara Internasiona Kuala Lumpur, Malaysia. Siti Aisyah yang ditahan sejak 16 Februari 2017 akhirnya dibebaskan 11 Maret 2019, setelah jaksa mencabut dakwaannya.

Indonesia medapatkan panggung internasional dengan kembali berperan sebagai anggota Dewan Keamanan Tidak Tetap PBB. Beberapa agenda prioritas Indonesia yaitu, meningkatkan kerja sama dalam memerangi kejahatan lintas batas termasuk terorisme serta penyelesaian konflik Palestina.

Joko Widodo akan memulai periode kedua sebagai presiden setelah dilantik pada 20 Oktober 2019. Pemilihan anggota kabinet yang tepat sejak awal periode akan sangat membantu mempercepat perwujudan program peningkatan kualitas manusia Indonesia.