logo Kompas.ID

Statis

Multimedia Infografik Statis Lestarikan Orangutan Indonesia
Lestarikan Orangutan Indonesia
Oleh ARJENDRO DARPITO, ANDRI RENO SUSETYO, HANS KRISTIAN ·

Orangutan memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem hutan, yang tentunya berperan penting dalam kehidupan manusia. Selain berperan dalam membantu penyebaran benih buah-buahan dan tumbuhan, orang utan membutuhkan ekosistem hutan yang baik sebagai syarat hidupnya.

Indonesia menjadi rumah bagi sekitar 60.000 individu orangutan di habitat seluas 15 juta hektar. Tiga jenis orangutan Indonesia, yaitu Orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus), Orangutan Sumatera (Pongo abeli), dan Orangutan Tapanuli (Pongo tapanuliensis) telah dikategorikan oleh International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN) sebagai spesies dalam status kritis (critically endangered).
Kerusakan habitat akibat pembukaan lahan, konflik antara satwa-manusia, perburuan dan perdagangan secara ilegal, hingga bencana alam mengancam kelestarian habitat dan populasi orangutan.
Hal ini mendorong pemerintah untuk menetapkan Kawasan Ekosistem Esensial untuk menjamin kelestarian orangutan. KEE adalah ekosistem di luar kawasan hutan konservasi yang secara ekologis penting bagi konservasi keanekaragaman hayati yang mencakup ekosistem alami dan buatan di dalam dan luar kawasan hutan.

Infografik lainnya dalam statis