Mereka yang Sekarang Memimpin Negeri

Statis ·

Pemerintahan periode 2019-2024  sudah diresmikan setelah Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin diambil sumpahnya pada hari minggu, 20 Oktober 2019. Selang tiga hari kemudian, Rabu, 23 Oktober 2019, Presiden mengumumkan nama-nama menteri dan pejabat setingkat menteri pada kabinet Indonesia Maju. Patut ditunggu bagaimana sepak terjang mereka dalam membawa negara ini.

Beberapa menteri dari kabinet sebelumnya (Kabinet Kerja 2014-2019) dipertahankan. Ada 14 menteri dari kabinet kerja, 9 diantaranya masih tetap pada jabatan yang sama, ditambah Tjahjo Kumolo yang menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi setelah sebelumnya menjadi Pelaksana tugas.

Selain menteri dan pejabat setingkat menteri, lembaga legislatif (MPR, DPR, dan DPD) juga sudah menentukan para pimpinannya pada awal bulan Oktober 2019.

Untuk lembaga yudikatif (MA, MK, dan Komisi Yudisial) belum selesai periodenya. MA masih dipimpin oleh Muhammad Hatta Ali, MK oleh Anwar Usman, dan Komisi Yudikatif dipimpin oleh Jaja Ahmad Jayus. Masa jabatannya baru akan  berakhir pada tahun 2020.

Meskipun kontroversial, para pimpinan KPK yang baru juga sudah disahkan oleh DPR periode sebelumnya pada bulan September 2019.