Odyssey dan City, Persembahan Honda untuk Para ”Rising Star”
Baru memasuki tiga bulan perjalanan industri otomotif tahun 2017, PT Honda Prospect Motor langsung menggebrak pasar melalui dua produk andalannya, All New Honda Odyssey dan New Honda City. Nakhoda baru HPM yang sudah beralih dari Tomoki Uchida ke Takehiro Watanabe ini sepertinya ingin membuktikan kembali Honda sebagai agen tunggal pemegang merek terbesar di Indonesia.
Tahun 2017, target market Odyssey dipatok 300 unit dan New City ditargetkan 1.100 unit. Dengan target yang tidak sedikit, HPM menghadirkan New City dari pabrikannya di Thailand, sedangkan Odyssey langsung dari Jepang.
Secara tegas, HPM membidik target pasar kalangan eksekutif. ”Odyssey memang kami dorong untuk kalangan eksekutif dan keluarga, sedangkan New City lebih ditujukan untuk kalangan yang disebut rising star, eksekutif pekerja keras yang berupaya untuk mencapai kesuksesan. Jangan heran bila City langsung diberi konsep ’Escalate the Game’,” kata Direktur Pemasaran dan Purnajual HPM Jonfis Fandy saat peluncuran kedua mobil tersebut di Jakarta, Kamis (16/3).
Konsep ”Escalate the Game” dihadirkan dengan bentuk fitur-fitur canggih kelas atas sehingga saat meraih sukses, para rising star bisa semakin percaya diri bersama New Honda City. Dari catatan HPM sendiri, besarnya peminat New Honda City yang telah dikenal di Indonesia sejak tahun 1996 sangat tergambar jelas. Hingga Februari 2017, total penjualan model sedan mini ini sudah mencapai 69.051 unit.
Tomoki Uchida mengatakan, ”Setiap model Honda City selalu mengusung ciri khas yang lebih dari ekspektasi konsumen dari sisi desain dan teknologi. Sekarang ini, model terbaru Honda City terdapat penyegaran tampilan dan fitur untuk kembali mengangkat posisinya sebagai sebuah sedan mini terdepan di kelasnya.”
Jadi, jangan heran bila perubahan yang ditampilkan untuk pertama kali di hadapan media ini sangat tajam. Bagian eksterior berubah. Ambil contoh pada bumper, grill depan, fog lamp dan bumper belakang, yang memperlihatkan desain baru yang memperlihatkan ketajaman dan dinamisnya mobil ini. Kemudian, ada perubahan pada lampu depan yang kini menggunakan full LED headlight baru yang semakin mewah dan dilengkapi dengan daytime running light (DLR) supaya menambah keamanan dan kenyamanan berkendara.
Tampilan baru juga terlihat pada desain pelek alloy wheel 16 inci yang semakin sporty. Sementara, autoretractable door mirror dengan LED turning signal ikut melengkapi tampilan eksterior New Honda City yang semakin canggih.
Hondamania
Harga New Honda City yang dipatok mulai Rp 312 juta untuk tipe E manual dengan lima speed dan Rp 322 juta untuk tipe E-CVT seri earth dreams technology sudah didesain dengan tujuh speed. Yang tersedia saat ini memang baru varian E. Bisa jadi, Honda yang dikenal kaya akan improvement dan inovasi teknologi oleh para Hondamania kelak sangat dinantikan untuk menghasilkan varian lain.
Saat ini saja, para Hondamania yang begitu mencintai berbagai tipe Honda bukan sekadar getol merawatnya, melainkan juga tak habis-habisnya memodifikasi bagian-bagian tertentu. Namun, mereka yang tetap menghendaki orisinalitas Honda masih mengandalkan nilai lebih dengan hanya menambah aksesori Modulo. Mereka itu, termasuk para rising star memang ingin tampilan yang lebih sporty.
Tampilan yang sporty itu dipandang penting untuk mengimbangi mesin 1.5Liter SOHC iVTEC yang menghasilkan tenaga maksimum sebesar 120 PS pada 6.600 rpm. Torsi maksimumnya saja mencapai 14,8 kg.m (Nm) pada 4.600 rpm. Untuk menambah kesan sporty, tombol cruise control dan paddle shift telah ditanamkan pada setir.
Bagi eksekutif muda, yang mulai menyadari pentingnya kendaraan ramah lingkungan, dapat pula terpuaskan dengan mobil yang dibekali Ecological-Drive Assist System (Econ) System. Ini tentu bisa bikin hemat kantong pengemudi. Dan, ketika dapat hemat membeli bensin maka alokasi dana pun bisa dimanfaatkan untuk keperluan lainnya.
Mobil keluarga
Tak mau ketinggalan, kalangan the rising star yang semakin sukses diajak untuk melihat, bahkan memiliki sensasi yang bisa diraih dengan Honda Odyssey. Tentulah, Odyssey yang dirancang dengan kapasitas mesin 2.4 Liter akan terasa lebih bertenaga. Apalagi, teknologi mesinnya bisa menghasilkan tenaga 175 PS hanya pada putaran 6.200 rpm. Torsi maksimumnya pun mencapai 23Kg.m (Nm) pada 4.000 rpm.
Jonfis pun menegaskan, All New Honda Odyssey dengan transmisi CVT yang disempurnakan ini mampu menghasilkan keseimbangan antara mesin yang responsif dari putaran rendah hingga tinggi dan tetap irit bahan bakar.
Konsep yang diusung memang juga diperuntukkan bagi keluarga. Dibandingkan model 3-4 tahun sebelumnya, perubahan Odyssey sangat terasa. Bodinya lebih tinggi, besar, dan panjang. ”Ini memang penggabungan atau kolaborasi antara tipe Odyssey lama dan Honda Elysion. Masyarakat Indonesia memang sangat memperhatikan agar mobil yang digunakan enak dikendarai senyaman sedan dan memiliki ruang kelegaan yang baik atau right size,” kata Jonfis.
Ruang kabin juga didesain lebih lega untuk kenyamanan anggota keluarga. Apalagi, didukung pula dengan sistem audio yang mumpuni dengan kecanggihannya. Demi keluarga, tentu saja apalah artinya harga Rp 718 juta. Apalagi bila mobil itu demi untuk dinikmati bersama isteri dan anak-anak tercinta. (*)