ZONA nyaman tak selamanya memberikan kepuasan diri. Keluar dari zona nyaman demi mengejar sebuah impian dan merealisasikannya adalah sebuah tantangan luar biasa. Namun, tantangan penuh risiko tak selamanya harus dikejar atau dikerjakan sendirian.
”Virus” kebaikan dunia otomotif yang sudah dibuktikan PT Toyota Astra Motor (TAM) seakan ingin disebarkan kembali ke tengah masyarakat. Sama halnya ketika desainer-desainer otomotif muda Indonesia yang dimiliki TAM diberikan ruang kebebasan berekspresi dan menghasilkan New Toyota Yaris Heykers. Kini, TAM pun mencoba membuka kesempatan bagi kalangan milenial.
Program ”Toyota Berani Coba” secara resmi digulirkan bersamaan dengan penyelenggaraan Indonesia International Motor Show 2017 di JI Expo, Rabu (3/5/2017). Sasaran yang ingin dibidik adalah generasi milenial yang berusia 21-30 tahun, dan telah bekerja minimal satu tahun.
Program ini merupakan tantangan yang tetap membutuhkan keyakinan untuk keluar dari zona nyaman untuk meraih atau menciptakan pekerjaan sesuai cita-cita. Pendaftaran program tantangan ini mulai dibuka pada 3 Mei hingga 1 Juli 2017. Setelah melalui proses seleksi, nantinya akan dipilih tiga pemenang dan berhak mendapatkan total hadiah lebih dari Rp 250 juta.
Ketiga pemenang itu akan mendapatkan dukungan, bimbingan, ataupun pelatihan dari mentor yang ahli di bidangnya masing-masing sehingga mereka mendapatkan kesempatan mewujudkan cita-citanya dan bekerja sesuai passion. Memang, sesuai tantangannya, Toyota menekankan slogan ”Berani Lampaui Ekspektasi”, ”Berani Buka Kesempatan”, ”Berani Ambil Kendali”, dan ”Dengan Segala Keyakinan, Kita Tembus Semua Batasan Diri”.
Bagaimana caranya?
Program ”Toyota Berani Coba” memiliki tiga fase. Pertama, perekrutan. Semua peserta dapat mendaftar melalui microsite Toyota: www.ToyotaBeraniCoba.com. Mereka yang diperbolehkan mendaftar hanya mereka yang berusia 21-30 tahun dan minimal punya pengalaman kerja selama 1 tahun dan saat ini masih bekerja.
Peserta diharuskan mengisi data yang antara berisi informasi pribadi, pekerjaan saat ini, kemudian menggambarkan pekerjaan yang dicita-citakan (passion mereka). Mereka lalu diminta melampirkan portofolio ataupun hal-hal yang telah dilakukan untuk meraih pekerjaan impiannya itu. Peserta juga dapat membuat gambar yang memperlihatkan mereka tengah melakukan pekerjaan yang menjadi passion-nya, lalu di-share ke media sosial.
Fase kedua, seleksi. Para juri akan menyeleksi 50 peserta yang dinilai cocok dengan semangat Toyota Let’s Go Beyond. Para kandidat akan diwawancarai tim juri. ”Sangat penting bagi tim juri mengetahui apakah kandidat tersebut betul-betul mempunyai passion dan mempunyai keinginan untuk berupaya sebaik mungkin dalam mewujudkan passion tersebut,” kata Head of Branding and Digital Marketing TAM Arie Hermawan.
Bagi para kandidat yang bertempat tinggal di luar Jakarta, wawancara akan dilaksanakan melalui video call. Kemudian, akan dipilih top 10 kandidat yang akan diundang untuk hadir dalam acara final screening. Para kandidat ini diminta menampilkan atau mempertunjukkan passion-nya tersebut secara langsung di hadapan tim juri. Kemudian akan dipilih tiga top peserta yang nantinya berhak mengikuti kampanye Toyota Berani Coba.
Fase ketiga, reward. Ketiga orang tersebut akan mendapatkan dukungan finansial dan bimbingan dari mentor yang ahli di bidangnya masing-masing. ”Top three tersebut diberikan waktu selama 2 bulan untuk mengeksplorasi passion-nya dan bekerja bersama mentornya di mana pun di wilayah Indonesia,” kata Deputy General Manager TAM Evelyne.
Vice President Director TAM Henry Tanoto menyebutkan, Toyota berkomitmen selalu memberikan sesuatu yang melebihi ekspektasi pelanggan yang sejalan dengan semangat Let’s Go Beyond, mulai dari hadirnya Beyond Product, Beyond Technology, maupun Beyond Service.
Selain itu, Toyota berupaya merangkul berbagai generasi dengan menyediakan segmen dan model kendaraan yang paling lengkap sesuai karakter setiap pengguna. Salah satu generasi yang menjadi fokus Toyota adalah generasi milenial, di mana beragam model kendaraan, seperti AGYA, Etios, ataupun Yaris, pada dasarnya menyasar segmen generasi milenial.
Yaris Heykers adalah satu di antara produk terbaru Toyota yang juga merefleksikan semangat Let’s Go Beyond. Tidak hanya itu, Yaris Heykers diyakini mampu mewakili generasi milennial yang umumnya mempunyai karakter penuh passion, teguh, dan melakukan berbagai hal di luar zona nyamannya.
Sementara itu, Executive General Manager Toyota-Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto menyebutkan bahwa pada zaman modern saat ini, Toyota melihat bahwa generasi milenial menjadi satu figur yang paling berpengaruh sehingga Toyota ingin mendorong mereka untuk menjadi inspirasi bagi orang lain dan go beyond bersama Toyota.
”Hal itulah yang menjadi cikal bakal lahirnya ide Toyota Berani Coba yang menantang generasi milenial untuk keluar dari comfort zone dan mengejar sesuatu yang menjadi cita-cita dan passion mereka,” ujar Soerjopranoto. (*)
Editor:
Bagikan
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
Tlp.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.