JAKARTA, KOMPAS — Tak ingin berlama-lama, setelah peluncuran New Hyundai Tucson CRDi EVG Turbo pada Maret 2017, Hyundai kini menyuguhkan facelift terbaru mobil perkotaan atau city car guna kembali menggairahkan pasar otomotif dengan kehadiran New Hyundai Grand i10 GLX dan New Hyundai Grand i10X.
Walau tak berbeda jauh dari model pendahulunya, city car mungil ini diyakini akan menjadi salah satu andalan yang bakal dimunculkan ke publik pada ajang pameran Gaikindo International Indonesia Automotive Motor Show 2017.
Presiden Direktur PT Hyundai Mobil Indonesia Mukiat Sutikno dalam pre-launching kedua city car ini di Jakarta, Kamis (13/7), mengatakan, ”Ini adalah sebuah penyegaran dari Hyundai, apalagi sebentar lagi Indonesia akan disemarakkan dengan pameran otomotif GIIAS. Ini baru akan di-launch bulan depan.”
Tampilan mobil perkotaan ini lebih stylish sehingga membuat mobil New Hyundai Grand i10 ini terlihat muda dan sporty. Tak ketinggalan, jaminan fitur-fitur keselamatan yang selalu diprioritaskan oleh Hyundai dalam standar internasional.
Fitur keselamatan itu antara lain ditampilkan dalam bentuk struktur bodi kendaraan HRBS (Hyundai Reinforced Body Structure) serta dilengkapi airbag dan mesin Kappa 1.25MPI D-CVVT. Ini semakin membuat mobil ini nyaman dan aman untuk berkendara di perkotaan.
Konsep New Hyundai Grand i10 GLX adalah mobil perkotaan yang efisien dalam hal konsumsi bahan bakar minyak, tetapi tetap praktis dan multifungsi dari sisi penggunaannya. Sementara dari konsep New Hyundai Grand i10X adalah city car yang stylish dengan sensasi dan tampilan crossover, tetapi tetap mempertahankan sebuah city car yang safety dan andal di perkotaan.
Agak turun
Mukiat mengatakan, saat ini pangsa pasar city car yang berada di kelasnya memang agak turun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Dengan adanya model small SUV, konsumen Indonesia semakin banyak pilihan otomotif.
Namun, kata Mukiat, total market otomotif dalam 3-4 tahun terakhir boleh dibilang mengalami situasi stagnan. Bahkan, dengan kehadiran produk low cost green car (LCGC) yang mengambil pangsa pasar 20 persen pun, pangsa pasar tidak menambah signifikan. Tetap saja penjualan total sekitar satu juta unit. Ini boleh jadi disebabkan kondisi perekonomian Indonesia yang belum membaik sepenuhnya.
Mukiat mengatakan, apabila ekonomi Indonesia sudah lebih membaik, pangsa pasar mobil perkotaan seperti Grand i10 ini akan lebih membaik lagi. Sebenarnya, dibandingkan total jumlah populasi penduduk Indonesia, pasar otomotif Indonesia yang hanya 1 juta unit sangat kecil. (OSA)
Editor:
Bagikan
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
Tlp.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.