Presiden Joko Widodo (ketiga dari kanan) berdialog dengan para santri dan santriwati di Pondok Pesantren Al Amien, Jember, Jawa Timur, Sabtu (12/8) petang, usai menunaikan shalat maghrib berjamaah.

JEMBER, KOMPAS – Lokasi kedua dalam kunjungan kerja Presiden Joko Widodo di Jember, Sabtu (12/8), adalah Pondok Pesantren Al Amien, Ambulu, Jember. Karena waktu sudah petang, Presiden Jokowi langsung menunaikan shalat magrib di Masjid Al Amien di kompleks Ponpes Al Amien.

Seusai berwudhu, Presiden pun shalat berjamaah. Shalat berjamaah dipimpin imam KH Imam Ghozalie yang juga Pengasuh Ponpes Al Amien.

Seusai shalat, Presiden pun berdialog dengan para santri dan santriwati. Terdapat setidaknya 1.650 santri dan satriwati yang mondok di pesantren ini. Pesantren didirikan tahun 1955 oleh KH Masduqi. Kini, generasi ketiga yang mengasuh pondok adalah KH Imam Ghozalie, KH Yusuf Masduki, dan KH Jazuli.

Presiden Joko Widodo berdialog dengan para santri dan santriwati di Pondok Pesantren Al Amien, Jember, Jawa Timur, Sabtu (12/8) petang, usai menunaikan shalat maghrib berjamaah.

Pondok ini juga mengelola pendidikan formal, seperti SMP, SMA, dan SMK. Selain itu, masih ada santri usia lanjut yang dikenal sebagai mbah masjid yang dzikir sambil menunggu waktu shalat.

KH Imam Ghozalie mengharapkan kedatangan Presiden menjadi penambah semangat untuk para santri dalam menuntut ilmu agama maupun ilmu pengetahuan lainnya. (INA)