Mencermati Kreativitas di Balik Penyegaran Tampilan Mobil-mobil Toyota
Tampilan fisik sebuah mobil tentu menjadi salah satu faktor penentu bagi konsumen untuk memutuskan membelinya atau tidak. Itu sebabnya, tampilan mobil standar selalu membuka peluang untuk dipercantik dengan sentuhan kreatif agar tidak membosankan dan tetap menarik perhatian konsumen.
Ajang pameran otomotif besar semacam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pun menjadi arena yang tepat untuk memamerkan kreativitas dalam memoles bentuk mobil standar sehingga tampil beda dan lebih segar di mata calon konsumen. Kali ini, akan dicermati desain garapan anak-anak muda Indonesia yang tergabung dalam tim desainer PT Toyota Astra Motor (TAM).
Kompas berbincang-bincang dengan para anggota tim desain TAM yang menjadi ujung tombak menyiapkan mobil-mobil dalam pameran GIIAS 2017 ini. Mereka adalah Donny Adhy Yuwono, Akbar Juniarto, dan Prana Jiwandhana. Sejak awal, Akbar menegaskan, meski mereka memiliki kebebasan kreatif untuk merancang tampilan baru sebuah mobil, tetap saja kebebasan yang mereka miliki ada batasnya.
”Bagaimanapun tim TAM tetap tim desainer, bukan artis. Desainer menciptakan dari mobil yang sudah ada menjadi mobil yang mendapatkan ’sentuhan’ yang memiliki pesan tertentu. Walau ada ruang kebebasan berekspresi, desain otomotif tidaklah sebebas-bebasnya pemikiran dan rasa, seperti dimiliki seorang artis atau seniman,” tuturnya.
Menurut Akbar, desainer menyerap pesan dan memiliki perencanaan tertentu. Namun, dari seluruh masukan yang diterima oleh tim desain, ruang ekspresi kreatif sangat memainkan peranan. Misalnya, mobil yang dianggap memiliki karakteristik feminin kini mulai diberikan sentuhan agar bisa terlihat sedikit maskulin. Misalnya Toyota Sienta yang selama ini seolah identik sebagai mobil keluarga atau mobil buat ibu-ibu untuk antarjemput anak sekolah sekarang diberi sentuhan sporty agar terlihat maskulin sehingga muncullah wujud Toyota Sienta Ezzy.
Untuk modifikasi ini, para desainer TAM memilih mengaplikasikan warna baru yang segar, yakni hijau turquoise atau mendekati hijau tosca pada Sienta Ezzy. Modifikasi juga dilakukan pada bumper depan dan belakang serta menggunakan velg aloi yang dirancang khusus. Sienta Ezzy juga dilengkapi teknologi Wi-Fi pada head unit sehingga memungkinkan penumpang bisa terkoneksi dengan mudah menggunakan alat komunikasi masing-masing.
Di balik karya desain itu, cikal bakal gagasan Sienta Ezzy berawal dari inspirasi kata easy yang dibahasakan secara lugas menjadi ezzy going, ezzy style. Ini sesuai karakter mobilnya yang memang dirancang sebagai mobil kalangan masyarakat urban.
Executive Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto mengatakan, ”Sama seperti kehadiran line-up edisi spesial, kehadiran Sienta Ezzy diharapkan memberi inspirasi kepada pelanggan untuk memodifikasi Sienta mereka sesuai dengan karakter yang diinginkan.”
Donny mengatakan, pengembangan yang berkelanjutan (continuous improvement) menjadi salah satu pilar dari ”Toyota Way” yang memberi peluang besar kepada Toyota Indonesia untuk menghadirkan produk dengan semangat pengembangan lokal. ”Melalui tema ’Endless Possibilities for a Better Future’ pada GIIAS 2017, kami menghadirkan varian baru, mobil edisi spesial, dan beberapa mobil modifikasi yang dikembangkan atas inisiatif Toyota melalui program Local Development Initiative,” kata Soerjo.
Sejalan dengan semakin meningkatnya kualitas sumber daya manusia, dalam beberapa tahun terakhir Toyota terus memberi peluang lebih besar untuk mengembangkan produk dan aksesori sendiri agar pelanggan makin bebas meningkatkan penampilan mobil Toyota mereka sesuai kebutuhan dan keinginan. Menurut Soerjo, Local Development Initiative juga mempercepat penguasaan dan transfer teknologi.
Mobil ”macho”
Prana lebih menjelaskan cikal bakal special modification mobil macho New Fortuner TRD Sportivo. Dalam menciptakan desain, tak jarang perdebatan di dalam tim pun terjadi. Bahkan, perdebatan itu sempat membuatnya mengalami ”tekanan”. ”Hampir saja saya menangis karena gagasan kreatif saya tidak bisa dipaksakan untuk dipilih oleh tim. Pertimbangannya, hasil karya desain tetap mengacu pada kebaikan dan kebutuhan konsumen,” ujar Prana.
Di ajang GIIAS 2017, Fortuner mendapat tambahan line-up dengan hadirnya New Fortuner TRD Sportivo. Penyegaran untuk varian baru ini antara lain dilakukan pada bagian eksterior depan, belakang, dan samping. Ini dilakukan untuk memperkuat penampilan Fortuner TRD Sportivo dengan warna putih sebagai kendaraan dalam konsep Sporty Tough. Untuk bagian depan, penyegaran dilakukan dengan merancang tampilan TRD grille dan lower grille dengan warna hitam yang menimbulkan kesan lebih gagah. Perubahan juga dilakukan pada front bumper spoiler dengan kombinasi two tone color dan tutup lampu kabut berwarna hitam.
Selain itu, untuk mendukung penampilannya, Fortuner TRD Sportivo juga dilengkapi dengan velg aloi TRD ukuran 17 inci dan stripes TRD Sportivo pada bagian samping. Donny mengatakan, ekspor Fortuner TRD dalam bentuk mobil utuh ataupun sparepart sudah dikomunikasikan dengan kantor Toyota di Bangkok dan Singapura. Kurang lebih tahun depan, Fortuner TRD yang menjadi buah karya anak-anak Indonesia siap memasuki pasar ekspor, seperti negara-negara ASEAN, India, Pakistan, dan Afrika Selatan.
SUV lain Toyota, yakni Toyota Rush, juga mendapat sentuhan penyegaran. Salah satu yang langsung terlihat adalah hilangnya ”konde” alias ban cadangan yang dicantelkan di pintu belakang. Rush yang dipamerkan ini memiliki pintu belakang yang rata dan rapi. Selidik punya selidik, ternyata ban cadangannya dipindah ke ruang bagasi di dalam dengan posisi berdiri vertikal di pinggir sebelah kiri bagasi.
Aura ”sporty”
Pada Vios Special Edition berwarna silver, modifikasi dilakukan dengan pemasangan fitur-fitur aerodinamika yang sporty dengan pemasangan New TRD body kit dan juga velg alloy baru untuk memperkuat kesan sporty pada segmen sedan entry level ini. Penyegaran juga dilakukan pada bagian interior dengan bungkus jok berwarna hitam yang didesain secara khusus untuk menimbulkan kesan sporty lebih mendalam.
Untuk Agya TRD S dengan warna kuning, modifikasi dilakukan pada bagian eksterior yang membuat penampilan lebih menggembirakan (fun) dan agresif. Interior Agya Special Edition ini menggunakan bungkus jok yang dirancang untuk memperkuat aura sporty pada mobil ini sebagai karakter utama varian TRD Toyota selama ini.
Sementara modifikasi pada Corolla Altis Special Edition dilakukan pada unit dengan warna putih dengan menambahkan fitur head-up display (HUD) dan menggunakan head unit baru dengan fitur mirroring dengan ponsel. Corolla Altis edisi spesial ini juga dilengkapi wireless charger. (OSA)